11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Deretan pantai selatan di Garut memang selalu menarik untuk dibahas.

Pantai Cijeruk indah adalah salah satunya, pantai ini terbilang masih baru dan memiliki panorama yang cukup membuat wisatawan puas mengunjunginya.


Berombak tenang dan memiliki dua warna air yang berbeda menjadikan tempat ini begitu mempesona meskipun tak banyak pengunjungnya.


Masih alami dan sepi menjadi salah satu nilai lebih pantai ini, pasalnya anda dapat bebas menikmati tempat yang seakan milik pribadi ini dengan lebih leluasa.


Sepanjang perjalanan menuju tempat yang berada dalam satu kawasan dengan perkebunan karet ini anda akan dimanjakan oleh pesona alam Garut Selatan yang memukau .


Pantai yang berlokasi di desa Sagara ini memiliki kontur tanah yang landai dan bukit-bukit di sekitarnya menunjang keindahan di sini.


Perjalanan jauh dari Garut kota tak akan membuat anda kecewa , begitu memasuki gapura dengan pemandangan kebun karet di kanan kiri pesona pantai ini mulai terasa.


Meskipun pengelolaan belum maksimal namun tak mengurangi keindahan alam di tempat ini.

Fasilitas mulai dikembangkan , namun fasilitas pokok seperti toilet dan warung makan telah tersedia meskipun belum sebanyak pantai Santolo ataupun Ranca buaya yang lebih dahulu tersohor.


Aktifitas seperti berenang adalah favorit para wisatawan jika di sini, pasalnya air yang tenang membuat wisatawan nyaman tanpa perlu waspada jika tergulung ombak.


Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai informasi yang sebenarnya tentang pantai ini.

Gunungkidulku.com akan mengulasnya secara terperinci mengenai lokasi wisata, rute menuju tempat wisata serta pesona, aktifitas menarik dan hotel terdekat.


Baca Juga : 11 Gambar Monas Monumen Nasional Jakarta, Rute dan Hotel Terdekat

Lokasi wisata

Berada dalam pengelolaan perusahaan perkebunan karet, pantai cantik ini berada di wilayah  desa Sagara, Cibalong , Garut, Jawa barat.


Begitu memasuki wilayah perkebunan karet di desa Sagara, dan anda menemukan gapura tua maka 300 meter kemudian anda akan menemukan pantai bernama belakang indah ini.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Rute menuju lokasi wisata


Menuju pantai di desa Sagara ini memerlukan waktu sekitar 3,5 jam dari kota Garut jika lalu lintas lancar.


Jarak yang ditempuh kurang lebih 104 km dengan kontur jalan raya yang sudah baik, namun beberapa kelokan khas Garut Selatan harus selalu anda waspadai.


Berikut adalah rute dari Garut kota menuju pantai yang memiliki 2 warna air berbeda ini.

Garut kota > jl. Margawati > jl. Bratayuda > jl. Pasundan > jl. Papandayan > jl. Cimanuk > jl raya Cisurupan - Cikajang > jl. Cikajang - berbelok ke kiri dan menjadi persimpangan > jl. Amblas > Cipang ramatan > Ciparay > jl. Raya Cihurip > jl. Raya Cisompet > jl. Raya cigodeg > jl. Sirnabakti > jl. Miramareu > jl. Raya cibalong > desa Sagara > pantai Cijeruk indah.


Dari Garut kota menuju pantai di desa Sagara ini, kontur jalan sudah sangat bagus, dalam artian lebar dan rata yang memadahi.

Namun jalan setelah gapura masuk masih sedikit sulit dan sedikit terjal.
Maka dari itu anda perlu berhati-hati dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik.


Pesona wisata


Ketika menginjakan kaki di pintu gerbang pantai ini,  yang juga masih satu lokasi dengan perkebunan karet seolah tempat ini terlalu biasa .


Setelah 300 meter dari pintu gerbang Wisatawan akan menemukan hamparan laut tenang. Suasana sunyi dan udara sejuk semakin memberi ketenangan.


Seolah-olah​ tempat ini membuktikan  pantas menyandang nama dengan embel-embel indah di belakangnya .


Masih asri dan sepi, inilah Cijeruk indah yang dalam tahap pengembangan.
Suasana disini pun tenang dan nyaman karena pengunjung yang datang belum banyak.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat


Meskipun sepi, tak berarti pantai ini tak menarik hati.
Justru hal inilah yang diminati wisatawan, pasalnya selain suasana sunyi pantai ini cukup membuat hati dan pikiran menjadi relaks. Hal ini mengingatkan saya dengan Pantai Ngitun di Yogyakarta


Berbagai keindahan disuguhkan mulai dari air laut yang biru serta air muara yang berwarna coklat kehijauan yang mana inilah yang menjadi ciri khas serta daya tarik utama tempat ini.


Ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya dan cukup tenang, jadi wisatawan tidak perlu risau jika ingin bermain air di pantai yang terletak di cibalong ini.


Selain memiliki dua warna air yang berbeda dan berombak tenang, pantai ini memiliki wilayah pasir coklat bertekstur halus serta luas.


Tumbuhan laut yang indah menghiasi karang di tepian pantai, seperti aneka rumput laut yang terlihat menari-nari di dalam air yang berombak tenang.


Berbagai jenis ikan hias juga memperindah tepian laut, karena ikan-ikan disini beragam jenis dan memiliki warna yang indah menghiasi laut yang dangkal.


Berenang dan mencari makan di tepian pantai, menghiasi karang serta terlihat jelas oleh wisatawan dari atas air yang jernih membuat tepian pantai ini nampak seperti aquarium raksasa yang menakjubkan.


Adapun keindahan lain berupa bukit-bukit disekitar pantai yang memasok pemandangan hijau sehingga serasi dengan warna air muara sungai yang juga hijau kecoklatan.


Berbagai jenis ikan konsumsi juga tersedia disini, tidak heran jika di pantai ini dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan segar yang bisa dibeli wisatawan langsung dari para nelayan yang melaut dan menangkap ikan menggunakan perahu.


Sehingga perahu nelayan disini sangat banyak berjejer di tepian pantai , perahu nelayan ini juga yang biasa desewakan untuk menjelajahi lautan pantai di cibalong ini .

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Keindahan pantai Cijeruk indah akan semakin indah dari tengah laut, birunya laut yang memukau serta pemandangan bukit hijau yang mengelilingi pantai dan pasir coklat terlihat lebih luas dan mempesona.


Banyaknya ikan dipantai ini, selain menjadi mata pencaharian warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan juga menjadi hal yang menguntungkan bagi beberapa orang dengan hobi memancing.


Spot-spot memancing strategis akan banyak dijumpai disini, berbagai jenis ikan konsumsi biasanya berenang di sekitar himpitan karang yang akan mudah memakan umpan pancingan anda.


Karena masih satu lokasi dengan perkebunan karet, maka suasana asri akan semakin anda rasakan dari hijaunya perkebunan maupun tumbuhan hijau yang rindang menghiasi pantai .


Tumbuhan hijau ini tumbuh subur sepanjang garis pantai, sehingga akan memberikan suasana sejuk dan sebagai tempat berteduh yang nyaman saat siang hari.


Saat sore menjelang, temaram langit disebelah barat menjadi penutup keindahan kala siang hari.
Udara sore hari semakin sejuk dan dingin dan suasana kian romantis saat anda menikmati bersama pasangan.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat


Aktifitas Menarik


Banyak hal menarik yang dapat Wisatawan nikmati seperti berenang di air yang tenang tanpa perlu risau jika datang ombak besar, namun begitu anda juga harus berhati-hati.


Jika anda datang bersama buah hati, mengajaknya berenang juga bukan sesuatu yang buruk.
Pasalnya anak-anak​ akan jauh lebih aman saat bermain air bersama anda.


Berendam di air yang tenang berlama-lama juga akan membuat anda relaks dan menikmati waktu-waktu santai lebih baik. Apalagi suasana sekitar sepi seakan menentramkan hati.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat


Ada dua spot bermain air di pantai ini, yakni di air laut atau anda juga boleh memilih muara sungai yang memiliki warna hijau kecoklatan .


Aktifitas alternatif jika anda tak berminat main air, berjalan-jalan menelusuri pasir coklat yang membentuk lengkungan indah di pantai ini menjadi aktifitas yang perlu anda coba.


Pasirnya yang bertekstur halus memungkinkan anda untuk duduk bersantai menikmati indahnya laut yang megah dan burung bangau mencari makanan , atau ajak buah hati anda membuat kastil dari pasir, ini pasti seru dan akan dirindukan untuk mengulanginya.


Nah apabila anda ingin menjelajah laut lepas yang memiliki ombak tenang ini, perahu nelayan setempat akan siap mengantar anda sampai beberapa km ke tengah laut.


Anda akan dibawa berkeliling ke setiap sudut tempat ini yang memiliki panorama tak kalah memukau dari tepi pantai.


Pemandangan bukit, pasir pantai yang luas, kebun karet dan langit yang seakan menyatu dengan laut nampak menjadi padu padan yang serasi.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat


Datang ke tempat ini tidak lengkap rasanya jika tidak menyalurkan hobi memancing anda.
Banyak spot memancing yang dapat anda jumpai disini, terkenal dengan ikan konsumsi yang melimpah seakan setiap titik dihuni ikan yang siap memakan umpan pancingan anda.


Jadi selain liburan, anda bisa menyalurkan hobi anda sekaligus membawa pulang oleh- oleh berupa ikan segar hasil tangkapan.


Menjelang malam, pemandangan laut kala sore menjadi temaram.
Cahaya senja menghiasi langit sisi barat yang jingganya memantul menyebar ke perairan sekitar pantai.


Saat pantulan senja menerpa seluruh penjuru Wilayah ini, seakan kita berada dalam sebuah etalase bercahaya emas yang megah.


Menikmati senja dan duduk mesra bersama orang - orang terkasih seakan menjadi penutup sempurna liburan anda.


Udara tengah malam tentu akan terasa lebih baik dan menenangkan , cobalah untuk camping dan menikmati deburan ombak tenang serta semilir angin pantai menemani tidur anda.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat


Pastikan untuk membawa guide yang mengerti wilayah pantai dan sekitarnya apabila ingin bermalam disini, pasalnya pantai ini termasuk jauh dari jangkauan warga dan juga masih sepi pengunjung.

Baca Juga : 9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat


Fasilitas


Belum adanya pengelolaan yang mumpuni, pantai ini masih terus mengembangkan sarana dan prasarana. Untuk fasilitas yang disediakan , pantai ini sudah memiliki beberapa toilet serta deretan warung- warung sederhana yang menyediakan menu laut dan makanan khas Garut.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Harga tiket masuk

Sejauh ini, sampai artikel ini diterbitkan harga tiket masuk belum ditentukan.

Tempat wisata terdekat

1. Leuweung Sancang

Terletak di Sancang, cibalong, Garut, Jawa barat pantai ini hanya beberapa km saja dan merupakan tempat wisata terdekat dari pantai ini.
Memiliki keindahan yang menghipnotis, pantai ini seakan menjadi surga yang tersembunyi di Garut Selatan.

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

2. Pantai karang parenje

Berlokasi di karyasari, cibalong, Garut, Jawa barat.
Pantai ini merupakan spot paling ok untuk menikmati sunset dan memancing dengan pemandangan alam yang spektakuler.


3. Pantai sayangheulang

Berlokasi di Cijambe, Cikelet, Garut, Jawa barat pantai dengan ombaknya yang jauh dari bibir pantai ini mencuri perhatian banyak kalangan karena keindahan dan juga di musim-musim tertentu wisatawan akan melihat para nelayan panen rumput laut.


Penginapan Terdekat


1. Hotel Augusta

Berlokasi di jl.raya Cipanas no 57, Langensari, Tarogong Kaler , Garut , Jawa Barat.
Merupakan hotel bintang dua dengan kenyamanan dan fasilitas yang memadahi.


2. Garden of water

Jl. Raya Cipanas, Pananjung, Tarogong Kaler, Garut regency, Jawa barat.
Merupakan hotel bintang 3 dengan kemewahan dan fasilitas lengkap dan modern.


3. Cipanas indah hotel

Terletak di jl. Raya Cipanas no 151, rancabango, Tarogong Kaler , Garut , Jawa barat.
Dilengkapi fasilitas penunjang yang membuat anda betah berlama-lama disini seperti WiFi , kolam renang, deluxe room serta kebersihan yang terjaga.


4. Sabda alam hotel and Resort

Berlokasi di jl. Raya Cipanas no 3, rancabango, Tarogong Kaler, Garut, Jawa barat.
Merupakan resort dengan fasilitas lengkap, pelayanan ramah dan profesional serta Tempat yang tidak mengecewakan.


Rumah makan terdekat


1. Saung Rangon

Lokasi : jl. Cilaut euraun no 56, Pameungpeuk, Garut , Jawa barat.
Menyediakan menu lengkap, dengan harga yang terjangkau serta Tempatnya nyaman dan luas.


2. Rumah makan khas Sunda Cibiuk

Menyediakan menu Sunda yang lengkap dengan menu spesial yang pas di lidah.


3. Rumah makan erbysa sayang Heulang.

Rumah makan ini dibangun di pinggir pantai, terdapat juga Penginapan dalam satu lokasi yang sama dengan view laut yang indah.

Terletak di Mancagahar, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.

Makanan yang disediakan berupa olahan seafood dan masih banyak lagi pilihan menu.
Tempatnya yang luas cocok untuk anda bersantai bersama keluarga.


4. Rumah makan ibu Nining

Rumah makan ini menawarkan berbagai menu penyerang bagi anda para pengunjung.

Selain harganya yang cukup ramah di kantong, cita rasa masakan di rumah makan ini cukup enak.

Terletak di jl.cilauteureun no 92, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.
Rumah makan ini selalu diminati karena cita rasa makanan yang khas .


5.Warung makan mawar

Menyediakan menu olahan ikan dan juga udang segar.
Selain menikmati berbagai sajian lezat, warung makan ini memiliki tempat buang nyaman dan juga cocok untuk bersantai karena pemandangan laut menjadi sangat mempesona dan menambah daya tarik tempat ini .

Terletak di ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa barat.

Warung makan mawar juga merupakan tempat dimana anda bisa melihat penangkaran udang .
Dan menu yang disajikan dijamin dari bahan baku yang masih segar.

Baca Juga :  76 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Yang Perlu Anda Coba

11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Tips


Mengunjungi pantai ini seperti mengunjungi tempat indah yang terasingkan.

Masih sepi dan minim fasilitas.
Bawalah bekal yang Anda perlukan, serta perlengkapan seperti sabun dan ,P3k .
Pastikan Kendaraan dan diri anda dalam keadaan fit, sehingga perjalanan nyaman akan tercipta.


Tetap jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Selamat berlibur semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat"

Post a Comment