11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk


11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk
Pantai Santolo merupakan salah satu pantai terbaik di Garut Selatan. Keindahan alam begitu khas dan tidak ditemukan di tempat lain.


Pantai yang terletak dekat dengan pantai sayangheulang ini memiliki banyak hal yang sayang sekali jika anda tak jelajahi satu per satu.


Diantaranya pantai cantik ini memiliki pulau kecil bernama Santolo yang mana pulau ini sangat hijau dan memiliki pesona alam serta beragam flora dan fauna hidup disini.


Keindahan alam lain yang tak kalah menarik yakni tempat ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan membentuk lengkungan sempurna yang menakjubkan.


Menjadi salah satu pantai dengan pengunjung yang cukup ramai, pantai yang terletak di Cikelet ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap dan pembangunan sarana serta prasarana modern yang memadahi.


Berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di pantai ini, mulai dari jalan-jalan menyusuri pantai sampai menyewa banana boat yang memacu adrenalin tersedia di pantai ini.


Berjarak hampir 90 km dari pusat kota Garut tak akan membuat anda kelelahan apalagi bosan, sepanjang perjalanan anda akan disuguhi persawahan, bukit hijau, serta kampung-kampung penduduk yang masih asri dan terlihat damai .


Memiliki tempat yang luas, sepanjang mata memandang bukit-bukit hijau pekat menjadi pemandangan yang indah dan menambah suasana asri pantai ini.


Lalu bagaimana cara menuju pantai Santolo?

Berikut gunungkidulku.com akan mengupas secara lengkap dan Sebenarnya mengenai lokasi wisata, rute menuju tempat wisata,pesona dan aktifitas menarik, fasilitas, harga tiket masuk,sampai lokasi wisata terdekat dan restoran serta penginapan terdekat.

Baca Juga : 11 Gambar Pantai Cijeruk Indah Garut, Rute dan Penginapan Terdekat

Lokasi Wisata

Secara administratif pantai ini terletak di kecamatan Cikelet, kabupaten Garut, Jawa barat.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Rute Menuju Lokasi Wisata


Kota Garut > jl. Bratayuda > jl. Pasundan > jl. Papandayan > jl. Cimanuk > jl. Cisurupan - Cikajang > jl. Raya cidatar > jl. Raya Garut - Cikajang > jl. Cikajang > jl. Amblas > cupang ramatan > Ciparay > jl. Raya Cihurip > jl. Raya Cisompet > jl. Raya cigodeg > jl. Cilauteureun > jl. Pantai Santolo > lokasi wisata pantai.


Perjalanan melalui jalur ini butuh waktu sekitar 3 jam apabila keadaan lalu lintas lancar.

Sedangkan bagi anda yang berangkat dari kota Bandung bisa menempuh jalur jl. Pangalengan dengan waktu tempuh 4,5 jam jika jalanan lancar.


Bandung > jl. Baranangsiang > jl.jendral Ahmad Yani > jl. Asia Afrika > jl. Jendral Sudirman > jl. Nasional III > jl. Soekarno Hatta > jl. Terusan pasir Koja > jl. Tol soroja > jl. Al- Fathu > jl. Raya Soreang - banjarang > Dangdeur > jl. Pahlawan > kebon kelapa > jl. Raya Pangalengan > jl. Situ Cileunca > jl. Raya Wates > jl. Cukul > jl. Talegong - jl. Raya Talegong > jl. Purwabhakti > jl. Raya Cisewu - Sukarame > jl.  Rancabuaya > jl. Cilauteureun > jl. Raya pantai Santolo > tempat wisata.


Jalan menuju pantai ini rata-rata memiliki kontur yang baik  dan luas, namun jika anda telah memasuki jalur Garut Selatan kelokan yang khas akan anda temui, tetaplah berkonsentrasi untuk menjaga keselamatan perjalanan anda.


Pesona Wisata


Terletak di deretan pantai indah lainya di Garut, pantai yang memiliki keunikan berupa pulau cantik ini menjadi tujuan wisata paling diminati oleh wisatawan.


Selain pesona pantainya yang memang memukau, mulai dari air laut yang biru dan deretan bukit hijau di belakangnya yang mendominasi pemandangan di belakang pantai.


Pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai sayangheulang ini juga memiliki garis pantai yang panjang dan perairan yang luas.


Tidak heran jika Tempat ini sangat digemari oleh para wisatawan yang membawa kerabat untuk berwisata, pasalnya dengan tempat yang luas wisatawan akan lebih leluasa mengeksplore berbagai hal menarik disini.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Ada hal yang unik yang tidak ada di tempat lain disuguhkan oleh pantai ini, yakni mengalirnya air laut ke hilir sungai jika air laut sedang pasang, jika biasanya air sungai akan mengalir ke lautan namun tidak disini, hal ini disebabkan permukaan laut lebih tinggi dari permukaan sungai.


Baca Juga : Tempat Camping di Pinggir Pantai Gunungkidul Yang Paling Bagus

Muara sungai ini pula yang menjadi pelabuhan ratusan kapal nelayan yang bersandar setelah berlayar.
Muara sungai ini bernama Cilauteureun, yang artinya air yang diam dalam bahasa Sunda.


Pasalnya muara yang juga sebagai pembatas antara pantai Santolo dan sayang Heulang ini berair tenang, selain sebagai dermaga kapal ikan para nelayan, wisatawan yang akan menyebrang ke pantai sayangheulang juga bisa melalui Cilauteureun menggunakan kapal nelayan yang disewakan.


Di muara Cilauteureun ini, sekumpulan kapal nelayan baik besar maupun kecil bersandar, pemandangan ratusan kapal ini pula yang membuat kehidupan disini terasa hangat, hiruk pikuk aktifitas para nalayan dan pelelangan ikan hasil tangkapan laut menjadi pemandangan khas dermaga kecil ini, terlepas dari aktifitas menarik ini pantai Santolo juga menjadi pusat perekonomian warga Cikelet.


Muara Cilauteureun juga menjadi spot memancing terbaik di pantai ini, Selain airnya yang tidak membahayakan, ikan-ikan berukuran kecil hingga sedang banyak hidup di perairan tenang ini.


Sementara itu keindahan pada pantai berupa pemandangan laut lepas yang sangat luas tanpa penghalang, menghadap langsung samudra Hindia akan membuat anda takjub dan merasa bebas.


Berwarna biru pekat dan jernih serta ombaknya yang cenderung tenang menerpa karang dengan sentuhan pelan membuat tempat ini semakin digemari oleh wisatawan yang dimanjakan dengan aktivitas air tanpa harus khawatir dengan keselamatan.


Biota laut berupa rumput laut yang tumbuh subur nampak bak Padang lamun yang subur kala air surut dan ikan-ikan kecil berwarna-warni hidup di perairan laut dangkal terlihat jelas menyerupai aquarium besar yang megah.


Karang-karang besar menghiasi tepian pantai, batuan hitam ini seakan kontras dengan warna pasir putih dan birunya air laut namun justru menjadi padu padan yang serasi.


Sebuah jembatan gantung yang menghubungkan pantai ini dengan pantai sayangheulang juga tak kalah mempesona, jembatan ini tak begitu mewah namun dibuat dengan kesan alami dengan tidak mengurangi keamanan nya.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Kesan tua sangat terasa saat menginjakan kaki di jembatan ini, pertanda usianya telah mendampingi pembangunan fasilitas lain yang kini lebih modern dan baru .


Mengunjungi pantai yang sudah modern ini tak lengkap jika tak menilik lebih dekat sebuah benteng peninggalan Belanda yang membelah lautan.


Terdapat beberapa terowongan yang menjadi jalan aliran air laut dari satu sisi ke sisi lainya.
Bagian atas benteng peninggalan Belanda ini juga bisa dilalui dengan berjalan kaki, maka pemandangan menakjubkan akan anda temui.


Laut luas, gunung hijau sampai rumah warga yang sudah semakin padat menjadi lukisan hidup sejauh mata memandang.


Saat liburan tiba, pantai ini tak kalah ramai dengan beberapa tempat wisata di Bali seperti Pantai Kuta dan yang lainya, pantai ini seakan menjadi lautan manusia yang ingin bersenang-senang dan mencari ketenangan.


Gazebo dan payung disewakan oleh pengelola bagi wisatawan. Selain itu , tempat berteduh seperti di bawah pohon yang rindang juga sangat menyenangkan. Selain dapat menikmati pemandangan laut lepas, semilir angin dan pasokan udara segar sangat melimpah.


Berjejeran pohon besar menghiasi tepian pantai berpasir putih ini, pelestarian lingkungan sangat dijaga secara konsisten dan terus menerus, hasilnya Santolo dengan segala pembangunan nya yang serba modern namun tak menghilangkan kesan alaminya yang tetap elok bagi pengunjung nya.


Menjelang sore, langit berubah temaram. Suasana romantis dan rasa lelah setelah menyusuri pantai terobati dengan suguhan jingga yang menyebar ke seluruh penjuru pantai, pantulan warna emas yang berpadu bersama angin sepoi-sepoi serta ombak sore membuat liburan anda berakhir sempurna.


Aktifitas Menarik

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Bermain air adalah hal yang paling di inginkan wisatawan saat berwisata ke pantai.

Tempat ini sangat cocok bagi anda pecinta aktifitas air seperti berenang, bermain air bersama buah hati tercinta atau ingin sekedar berendam, bermain air  di pantai Santolo cenderung aman karena ombak pantai yang sedang-sedang saja.


Namun begitu, anda harus mematuhi peraturan yang ada dimana spot-spot tertentu dilarang untuk berenang bagi wisatawan, hal ini dikarenakan perairan nya yang dalam dan menjorok serta r4wan datangnya ombak yang besar.


Air laut hangat langsung menerpa kulit anda, begitupun bila ombak datang dengan tenangnya akan mengguyur tubuh anda akan memberikan kegembiraan bagi liburan anda sekeluarga.


Di pantai ini juga disewakan banana boat, dimana wisatawan bisa menaiki dan berkeliling lautan beberapa km dari bibir pantai. Aktifitas memacu adrenalin ini dapat dinikmati dengan harga 25.000/ orang sudah dengan pemandu dan keamanan yang terjamin.

Baca Juga : Gambar Raja Ampat Papua, Sejarah, Lokasi Alamat + Hotel Terdekat

Berjalan-jalan di pasir putih yang luas dan panjang mengelilingi tepian laut juga menjadi aktifitas seru yang harus anda coba.


Atau jika anda membawa buah hati , bisa anda ajak untuk bermain pasir, misal membuat kastil dari pasir atau berjemur di sambil bersantai menikmati suasana pantai yang mempesona.


Ada hal menarik peninggalan masa lalu di pantai ini, yakni sebuah benteng peninggalan Belanda, benteng ini bisa anda kunjungi dengan menyewa perahu nelayan seharga kurang lebih 200 ribu atau bisa kurang jika anda pandai menawar.


Anda juga bisa berjalan di atas benteng dan menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian, atau berselfie dan mengabadikan liburan anda dari atas ketinggian.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Di sisi lain pantai ini, tempat nya di atas muara Cilauteureun terdapat jembatan kayu sebagai penghubung dengan pantai sayangheulang, jika anda ingin berkunjung ke pantai sayangheulang anda bisa menyebrang melalui jembatan, atau menyewa kapal nelayan seharga 4 ribu pulang pergi / orang.


Berwisata sampai sore menjadi keputusan tepat, pasalnya di pantai ini anda akan menemukan pantulan langit keemasan memancar sampai ke seluruh penjuru pantai.


Romantis dan tentram, senja pantai Santolo bisa anda abadikan dan menjadi daftar kenangan wisata anda.


Menikmati sunset sambil menikmati kuliner berupa ikan bakar di tepi pantai sangat menyenangkan, apalagi jika anda juga bisa membeli langsung ikan-ikan segar dari pusat pelelangan ikan di pantai ini untuk dibakar di tempat atau sebagai oleh-oleh .


Jika ingin menikmati malam-malam bertabur bintang, cobalah untuk ngecamp di pantai ini, cukup dirikan tenda dan nikmati malam-malam syahdu yang dingin.


Deburan ombak dan suasana khas pantai akan menemani tidur anda.

Bagaimana, anda tertarik untuk berkunjung ke pantai di ini?
Cobalah nikmati liburan seru dan murah ini.


Sejarah Tempat Wisata

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Berdirinya sebuah benteng peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih kokoh merupakan salah satu tanda bahwa tempat ini dulu menjadi tempat yang sangat penting untuk perdagangan pada zamannya.


Pantai ini dulu merupakan dermaga besar dimana sebagai jalur untuk perdagangan rempah-rempah yang akan dibawa menuju kapal besar yang berada di tengah laut untuk selanjutnya di bawa ke daerah lain atau bahkan luar negri.


Kini pantai ini justru tersohor dan hal ini tidak lepas dari sejarah pentingnya pantai ini tempo dulu


Mitos di pantai Santolo


Mitos di pantai Santolo yang berkembang di masyarakat  ini berupa mitos penunggu laut kidul yakni nyi Roro kidul.


Ratu kidul yang berkuasa di laut selatan ini sering meminta tumbal. Warga sekitar percaya jika ada korban yang tenggelam dan meninggal dunia, itu karena ada hubungannya dengan NYI Roro kidul yang sangat melegenda.

Cerita mistis ini sudah turun temurun dan terus berkembang sampai anak cucu pada masa kini, sehingga masih banyak yang beranggapan  d bahwa pantai Santolo  angker, namun seiring berkembangnya zaman mitos ini kian memudar dan tinggal sedikit orang yang percaya.


Pada zaman ini warga setempat lebih percaya bahwa faktor alam menjadi penentu keselamatan para wisatawan.


Intinya mengunjungi pantai ini meskipun ombaknya cenderung aman, tidak ada salahnya untuk berhati-hati, karena faktor alam tidak bisa diprediksi secara serta Merta.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

Fasilitas

Pembangunan di pantai ini sudah sangat modern dan lengkap.
Akses jalan sudah memadahi serta pantai ini sangat dekat dengan pemukiman penduduk.
Fasilitas yang disediakan pun serba modern mulai dari tempat parkir yang luas dan nyaman, toilet yang banyak jumlahnya, rumah makan sederhana sampai restaurant mewah, mushola, dan penginapan. Semua ada disini.


Harga tiket masuk pantai santolo garut


Cukup dengan 5.000 rupiah saja per orang, anda sudah bisa mengunjungi pantai Santolo sepuasnya.
Parkir sepeda motor : 3.000 dan mobil 5.000 serta kendaraan besar 25.000.


Tempat Wisata terdekat

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

1. Pantai sayangheulang

Lokasi berada tepat diseberang pantai Santolo, tepatnya berada di desa Cijambe, Cikelet, Garut, Jawa barat.
Merupakan pantai dengan ombak tenang dan fasilitas yang lengkap.
Sangat cocok untuk liburan keluarga dan bagi anda yang membawa anak-anak.


2. Pantai karang parenje

Terletak di karyasari, cibalong , Garut , Jawa barat pantai ini merupakan tempat yang sangat indah dengan sunset terbaik dan spot memancing yang banyak ikannya.


3. Pantai Sodong lalay

Terletak di Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti , Garut , Jawa barat.
Tempat ini lebih pada sebuah bukit dengan view laut lepas, sangat asri dan sejuk.
Sunset di pantai ini juga sangat indah.


4. Pantai rancabuaya

Terletak di Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.pantai rancabuaya merupakan pantai yang berkembang sangat modern dan memiliki fasilitas lengkap dengan pengunjung yang membeludak saat hari libur tiba.


Penginapan Terdekat

1. Penginapan karanglaut Santolo

Lokasi di jl. Raya Cilauteureun pamalayan , Cikelet, Garut , Jawa barat.
Penginapan yang terletak di pantai Santolo, dengan view laut yang luas serta dapat menikmati sunrise dan sunset di penginapan ini.
Fasilitas modern , Tempat bersih dan nyaman, serta harga terjangkau.


2. Penginapan citra agung

Jl. Pantai Santolo, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.
Menyediakan kamar tidur dengan fasilitas memadai, dekat dengan pantai, bersih dan nyaman.


3. ANB resort and hotel

Terletak di jl. Cilauteureun no . 38, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.
Merupakan resort dan hotel berkelas dengan fasilitas modern dan pelayanan profesional.


4. Penginapan Bayu samudra

Terletak di jl. Pantai Santolo, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat. Hotel sederhana yang nyaman , murah dan pelayanan ramah.
Bersih dan luas serta fasilitas kamar memadai.


Rumah Makan Terdekat

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk

1. Rumah makan seafood ised-isedan

Menyediakan menu seafood yang lengkap dengan berbagai olahan .
Bumbu yang khas meresap sempurna Sangat pas di lidah. Ditambah lagi harganya juga terjangkau.
Berlokasi di komplek wisata Santolo, Cilauteureun, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.


2. Warung oranye

Terletak di kawasan pantai Santolo, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.
Tempat makan dengan menu ikan bakar yang khas dan berbagai pilihan menu seafood yang lain.


3. Warung Imas

Berlokasi di kawasan pantai, warung sederhana dengan sajian menu-menu yang istimewa.
Harganya terjangkau dan kualitas rasa dijamin bikin nagih.
Buka 24 jam .


4. Saung Ranggon

Terletak di jl. Cilauteureun no 56, Pameungpeuk, Garut , Jawa barat.
Tempat yang nyaman untuk acara berkumpul bersama menikmati menu yang disediakan.
Olahan seafood yang lengkap dan juga menu lain yang tak kalah enak.

11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk


Tips Wisata


Jadilah Wisatawan yang bijak dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan merusak keanekaragaman hayati di pantai Santolo, karna Keindahan nya harus sampai ke anak cucu kita.


Semoga artikel ini bermanfaat, selamat menikmati liburan anda.

Related Posts:

0 Response to "11 Foto Pantai Santolo Garut Jawa Barat, Hotel Dan Tiket Masuk"

Post a Comment