9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

Pantai Sodong bodas menjadi daftar pantai baru di Garut yang memiliki pemandangan tak biasa. Sebenarnya tempat ini lebih menonjolkan keindahan bukit Padang rumput dengan view laut yang mengagumkan, meskipun memang disebut pantai.


Memiliki wilayah di ketinggian, tempat wisata anyar ini menawarkan panorama laut yang luas . Bukit yang dihiasi rumput hijau dan tanaman pertanian milik warga setempat ini menjorok langsung samudra Indonesia.


Sepanjang mata memandang, luasnya laut selatan kota Garut ini seakan menyentuh langit dengan pemandangan karang sebagai pemanis . Di sisi kanan pemandangan eloknya karang-karang yang gagah dari pantai rancabuaya terlihat sangat memukau.


Di sisi kiri sebuah bukit senada yang menjadi rivalnya dalam memamerkan keindahan lengkap dengan goa di bawahnya juga jelas terlihat, yakni puncak Guha. Keindahan puncak Guha yang lebih dahulu tersohor disebut-sebut masih kalah indah dari tempat ini.


Di waktu pagi sampai sore bukit ini menjadi tempat sekumpulan hewan ternak milik warga mencari makanan. Ada domba, kerbau, sapi yang di gembalakan disini, hal ini menjadi nilai tambah keindahan tempat ini.


Aktifitas seperti memancing atau ingin mengasah kemampuan fotografer anda, tempat ini memiliki view yang mengesankan. Akses menuju pantai ini bisa dari rancabuaya Beach atau melewati sebuah jalan lain di sisi timur pantai rancabuaya.


Perjalanan panjang memakan waktu hampir 3 jam lebih , tak akan membuat anda merasa bosan. Pasalnya sepanjang perjalanan pemandangan alam seperti hutan, persawahan dan bukit-bukit hijau di kanan kiri jalan akan memanjakan mata.


Masih banyak hal menarik tentang pantai Sodong bodas mulai dari lokasi wisata, rute, aktivitas dan pesonanya, serta penginapan terdekat. Selengkapnya simak informasi di Gunungkidulku.com berikut yang memberikan info lengkap dan Sebenarnya yang anda butuhkan.


Baca Juga : 10 Gambar Taman Bunga Celosia Gunugkidul, Rute + Lokasi dan Penginapan Terdekat


Lokasi

Pantai ini masuk dalam wilayah kecamatan caringin, secara administratif tempat nya berada di desa Purbayani, kecamatan Waringin, kabupaten Garut, Jawa barat.


Rute Menuju Tempat Wisata


Untuk menuju tempat wisata ini, rute yang dapat anda tempuh dari Garut kota adalah sebagai berikut :
9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat


Garut kota > jl. Margawati > jl. Bratayuda > jl. Pasundan >  jl. Papandayan > jl. Cimanuk > jl. Raya Cisurupan - Cikajang > jl. Raya Cibuluh > jl. Raya Simpang cikadang > jl. Raya Depok bungbulang > jl.  Bungbulang - cijayana > jl. Raya pantai cijayana > Pantai Sodong Bodas


Rute masuk ke pantai ini bisa melalui Pantai rancabuaya dengan akses jalan menanjak dan curam.

Lalu ada juga jalur lain , yaitu sekitar 1 km  sebelah timur dari rancabuaya anda akan menemukan sebuah gapura, dan ini jalan menuju Padang rumput indah di Caringin ini.


Dari arah Garut kota jarak yang harus ditempuh  sekitar 109 km dengan waktu tempuh 3 - 4 jam tanpa macet.


Pesona Wisata Sodong Bodas



Menempuh perjalanan dengan jarak tempuh ratusan kilometer, tidak akan membuat wisatawan merasa lelah jika telah sampai di wilayah Caringin. Wilayah yang merupakan letak lokasi beberapa deretan pantai selatan yang menawan, sebut saja pantai rancabuaya yang telah lebih dahulu populer.


Akses jalan menuju pantai baru ini memang tidak semua kendaraan bisa melewatinya, hal ini dikarenakan struktur jalan yang belum dikembangkan secara sempurna. Masih banyak tanjakan curam dan tidak rata, jadi wisatawan disarankan membawa motor sendiri atau bisa menyewa motor/ ojek yang telah tersedia di pintu masuk .

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat


Baca Juga : Rute Menuju Pantai Cicalobak Garut, Photo dan Hotel


Jika menggunakan mobil, hanya mobil yang berbody besar dan ber CC tinggi mampu melewati jalan ini. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan elok dari sawah dan bukit-bukit hijau yang merupakan ciri khas kecamatan Caringin.


Sesampainya di lokasi wisata, wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau dari Padang rumput yang mendominasi dan merupakan salah satu daya tariknya. Meskipun terkenal dengan sebutan pantai, tempat ini lebih menonjolkan berwisata melihat pemandangan alam dari ketinggian.


Di sisi barat ada sebuah karang yang terbentuk indah dan gagah terlihat menghiasi pantai rancabuaya, di sebelah timur ada bukit mempesona senada dengan tempat ini, yakni puncak Guha. Di depan mata membentang hamparan lautan yang biru, khas dengan debur ombaknya yang seputih kristal menghantam karang.


Bukit ini menjorok langsung ke lautan, dan tidak disarankan beraktifitas air disini, selain ombaknya yang besar batuan karang sangat curam.

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat


Pemandangan alam lainya yang tak kalah indah adalah adanya sekawanan hewan peliharaan seperti sapi dan domba peliharaan warga yang merumput di tempat ini.


Tempat ini belum banyak dikunjungi wisatawan, tak heran jika suasana masih sunyi dan terkesan milik pribadi.


Tanaman warga setempat berupa palawija menjadi tanaman khas di bukit ini, sementara para petani biasa meladang di area ini sehingga wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan warga setempat. Di pantai ini pula terkenal dengan chrysoprase nya yang terbawa ombak ke tepian pantai.


Chrysoprase sendiri adalah batuan sebagai bahan perhiasan. Masyarakat setempat umumnya berburu batuan ini untuk kemudian dijual ke pengepul.


Ada juga yang membawanya ke ke pengrajin, untuk kemudian dibentuk berbagai jenis perhiasan yang jika dijual memiliki harga jauh lebih tinggi.


Kencangnya angin membuat tempat ini begitu sejuk dan dingin meski terik sekalipun. Tempat ini memiliki view pagi dan sore yang memukau, pasalnya karena berada pada ketinggian di atas laut anda bisa melihat sunrise di pagi hari, sinar matahari yang bergerak dan menyinari sisa-sisa embun akan membuat anda menghirup udara disini dalam-dalam.


Begitupun saat menjelang malam, langit di atas rancabuaya Beach akan terlihat dari bukit di kecamatan Caringin ini nampak sempurna. Perpaduan suasana Padang rumput hijau dan temaramnya langit senja menambah suasana semakin hangat dan romantis disini.

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

Deburan ombak kala senja dan pantulan warna emas dari langit berkilauan menyentuh birunya laut yang menyuguhkan deburan ombak yang kian menggelorakan kala malam menjelang.


Hal ini menegaskan bahwa bukit yang hanya berjarak beberapa ratus meter dari pantai rancabuaya ini memiliki potensi wisata yang layak untuk dikunjungi dan dikagumi.


Kegiatan di Tempat Wisata


Berwisata alam merupakan wisata paling diminati belakangan ini, pasalnya alam memberikan kebebasan dan ketentraman jiwa, serta melepaskan perasaan jenuh dari rutinitas sehari-hari​ yang melelahkan.


Begitupun dengan tempat ini, banyak aktifitas menarik yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan anda. Mengamati segerombolan hewan ternak yang merumput seperti anda sudah pergi ke peternakan di luar negri.


Keuntungan lainya, anda bisa mendekat dan memberi makan segerombolan sapi ataupun domba milik warga ini. Menjelang siang panas matahari akan sangat terik, cobalah untuk mencari pepohonan rindang yang banyak terdapat di sekitar bukit.


9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

Melepas lelah sembari menikmati angin semilir dan udara sejuk dari bawah pohon rindang menjadi hal yang menarik bagi wisatawan. Lebih nikmat lagi jika anda membawa bekal dan menyantap menu makan siang anda di sini, berada di area terbuka, sebuah bukit Padang rumput dengan view laut lepas tentu membuat makan siang anda bertambah nikmat.


Mengingat banyaknya tempat yang rindang tidak ada salahnya memasang hemok disini, bersantai dengan suasana menentramkan jauh dari keramaian dengan alunan ombak yang menderu menerjang karang, ini terdengar sangat luar biasa bukan?.


Beraktifitas air sangat tidak dianjurkan disini, ini karena ombak di tempat ini sangat tinggi dan batuan karang yang amat tajam menjadi pemandangan lain yang sangat mempesona.


Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Beserta Lokasi dan Fotonya


Namun Anda tak perlu menyesal, ada banyak hal yang akan mengobati nya. Sebut saja kegiatan memancing yang juga banyak dilakukan oleh warga sekitar, kontur tebing yang menjorok dan banyaknya batuan karang membuat banyak ikan hidup disini.


Menjadi ciri khas laut selatan kota Garut jika banyak ikan terdapat di sini, hal ini tidak lepas dari peran masyarakat yang tetap mempertahankan keseimbangan alam.


Tekad dan dedikasi masyarakat untuk terus menjaga inilah yang akhirnya alam memberikan timbal balik berupa pesona dan keanekaragaman biota laut yang melimpah sehingga menjadi nilai plus bagi perekonomian warga.


Meskipun jauh dari ombak, namun memancing dari atas tebing juga membutuhkan kewaspadaan yang tinggi.


Konsentrasi anda bukan hanya pada kail tetapi juga pijakan anda. Menjelang sore tiba, suasana akan menjadi romantis dengan gerakan perlahan matahari tenggelam.

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

Moment ini bisa anda saksikan dengan santai sembari menghirup kopi panas atau sekedar menggandeng pasangan anda dengan mesra ( jika anda tidak jomblo ) tentunya. Semburatnya menyebar dari sisi barat langit memantul ke lautan yang biru dan bukit dimana anda berpijak. Hal ini menambah suasana hangat semakin terasa di sini.


Banyak spot foto menarik di sini, seperti pemandangan karang dan juga lautan yang sampai ke rancabuaya dan gagahnya puncak Guha lengkap dengan goa di bawahnya.


Jangan lewatkan untuk mengabadikan setiap moment berarti ini, sebagai pengingat jika anda pernah mengunjungi tempat seindah ini di Indonesia.


Memutuskan untuk camping menjadi pilihan anda menikmati malam di sini, selain suasana sejuk dan suara ombak sebagai lagu pengiring tidur, jutaan bintang akan menjelma menjadi penerang suasana malam anda.


Keindahan pagi hari pun akan anda nikmati saat bangun pagi, pasalnya udara berkabut dengan embun yang menempel pada rumput membuat aroma yang khas Padang rumput.


Menggeliat pelan namun pasti, matahari pagi muncul dari langit timur mengiringi udara dingin disini menjadi panorama yang sulit anda lupakan.


Asal usul nama Sodong bodas


Jika menilik beberapa nama beken nama yang menggunakan kata Sodong pada deretan pantai yang berada di Garut akan memberikan arti masing-masing pada setiap tempat.


Terkhusus untuk tempat ini, nama Sodong bodas diambil dari buih ombak dari laut yang berwarna putih dan Kilauan batu chrysoprase berkilau yang dibawanya menepi. Bodas dalam bahasa Sunda berarti putih, bisa disimpulkan bahwa Sodong bodas berarti bukit putih.


Fasilitas

Fasilitas di tempat ini  masih dalam pengembangan.


Harga tiket masuk


Pengunjung dikenakan tarif harga tiket masuk sebesar 5.000 rupiah/ orang.
Harga dapat berubah sewaktu-waktu.



Tempat Wisata Terdekat

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

1. Pantai rancabuaya

Pantai rancabuaya berada tepat di sebelah barat bukit ini, memiliki pemandangan sunset memukau dan fasilitas yang lengkap menjadikan tempat ini primadona bagi wisatawan , tidak heran jika hari libur tiba pantai ini menjadi lautan manusia.


2. Pantai cidora

Pantai ini letaknya hanya 100 meter di sebelah pantai rancabuaya.
Memiliki pemandangan karang yang memukau dan suasana yang masih sunyi.
Cocok untuk anda yang mencari ketenangan dan rehat sejenak dari aktifitas yang membosankan.


3. Puncak Guha

Puncak Guha berada di sebelah timur tempat wisata ini.
Puncak Guha disebut-sebut sebagai rival Sodong bodas.
Pasalnya view yang disajikan hampir serupa.


Hotel Terdekat 


1. Villa jaya sakti 2

Terletak di pantai rancabuaya, Garut , Jawa barat. Memiliki view pantai dengan modern room dan bungalau room yang cantik .

Harganya relatif murah dan tempat nya bersih terawat.
Terdapat pula restoran seafood yang siap melayani anda .


2. Villa jaya sakti 3

Letaknya di sekitar pantai rancabuaya, Purbayani, Caringin , Garut. Memiliki suasana yang adem dan dekat pantai. Harga terjangkau dengan fasilitas yang memadahi.


3. Penginapan rancabuaya

Terletak di area pantai rancabuaya, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.
View pantai yang indah. Tempatnya nyaman dengan harga terjangkau.


4. Neglasari Beach hotel

~Lokasi : purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.
~ fasilitas : fasilitas modern dan ada kolam renang.


5. Neglasari Beach hotel

Hotel dengan konsep alami dan udara sejuk serta berbagai fasilitas menarik di dalamnya, mulai dari AC room dan kolam renang.
Terletak di Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.


Baca Juga : Rute dan Lokasi Jembatan Kaca Pantai Nguluran Panggang Gunungkidul Yogyakarta


  Rumah Makan Terdekat

1. Rumah makan pondok bambu

Terletak di Purbayani, Caringin, Garut , Jawa barat.
Rumah makan dengan konsep sederhana namun menyediakan menu yang luar biasa nikmat.
Berbagai olahan seafood dapat anda jumpai disini.


2. Empal gentong bang yadhi II

Terletak di jl. Kamojang-samarang Garut, Cisarua, Samarang , Garut, Jawa barat.
Menyediakan menu empal gentong sebagai icon dan menu lain seperti nasi goreng yang sangat enak.


3. Rumah makan sederhana

Terletak di jl. Otista no 72, Jati, Tarogong Kaler, Garut, Jawa barat.
Meskipun tenar dengan nama sederhana, tidak begitu dengan menu yang disediakan.
Menyediakan aneka masakan khas Padang lengkap dengan rasa yang sangat khas.


4. Sate kambing Lamping sari

Terletak di jalur kereta api Garut - Cikajang ni 18, Tambakbaya, Cisurupan, Garut, Jawa barat.
Menyediakan menu sate sebagai andalannya​.
Suasana tempat ini sejuk dan nyaman.


Baca Juga : 76 Tempat Wisata Kuliner di Surabaya Yang Perlu Anda Coba


5. Rumah makan khas Sunda

Terletak di jl. Otista no 321, Pananjung, Tarogong Kaler, Garut Jawa barat.

Merupakan tempat makan dengan view sawah yang menakjubkan sehingga suasananya sangat asri.
Menu yang ditawarkan mulai dari olahan ikan dan bebek serta nasi liwet ya yang menjadi primadona.
Terdapat fasilitas penunjang seperti mushola dan pelayanan super ramah dan cepat.

9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat

Tips

Perjalanan panjang akan membutuhkan tenaga dan konsentrasi yang baik.
Maka pastikan tubuh anda dalam kondisi prima.


Pastikan juga Kendaraan anda terkontrol dengan baik guna kenyamanan selama perjalanan. Karena jalan menuju tempat wisata ini masih sulit dilalui , sebaiknya menyewa ojek atau mobil berbodi besar yang ditawarkan penyewa di sekitar pintu masuk.


Terkendala fasilitas yang belum memadahi, bawalah perlengkapan seperti makanan yang cukup dan Ob4t-ob4tan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan​.


Tetap jaga kebersihan tempat wisata yang anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selamat berwisata, semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "9 Gambar Pantai Sodong Bodas Garut, Rute + Lokasi dan Hotel Terdekat"

Post a Comment