10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

Pacitan yang terkenal dengan 1001 goa ini kini juga dikenal dengan keindahan alam pantainya. Sebut saja pantai kijingan yang akan dibahas kali ini. Pantai ini merupakan pantai anyar yang masih belum seramai pantai klayar ataupun pantai Banyunibo.


Sebuah pantai dengan garis pantai yang sempit dan tidak terlalu panjang, pantai ini sangat cocok bagi anda yang datang mencari ketenangan.

Di sepanjang garis pantai berpasir putih ini tumbuh ribuan pohon pandan yang berjejer memenuhi pinggiran pasir bahkan sampai ke bukit di belakang pantai.


Perairan disini memiliki ombak yang cukup besar dan jika air sedang pasang wisatawan diharapkan untuk tidak bermain air , pasalnya gulungan ombak cukup berbahaya, hal ini dikarenakan tidak adanya batuan karang yang cukup sebagai penghalang ganasnya ombak pantai Selatan Jawa ini.


Akses menuju ke tempat ini lumayan menegangkan, Wisatawan akan melewati rute jalan setapak yang mengelilingi bukit dari arah pantai Banyunibo.


Bukit yang dilewati cukup licin dan berbatu cadas, jadi dibutuhkan konsentrasi dan ekstra hati-hati, jangan terpukau melihat indahnya  lautan dari ketinggian, karna banyak jurang di kanan kiri jalan setapak yang anda lalui.


Hal Ini justru menjadi tantangan yang seru, dan piknik yang sesungguhnya.
Menantang namun tetap mengasyikkan, ditambah lagi saat tiba di pantai ini rasa lelah akan hilang begitu saja karena pesona alamnya akan mengembalikan semangat wisatawan setelah trip yang melelahkan.

Berikut ini adalah informasi lebih lengkap dari Gunungkidulku.com mengenai lokasi, rute, fasilitas dan banyak hal mengenai pantai kijingan yang akan dibahas secara lengkap dan sebenarnya.
Lokasi 

Secara administratif pantai kijingan masuk ke wilayah desa Widoro, Donorejo, Pacitan , Jawa timur.
Pantai ini juga bersebelahan dengan pantai banyu Tibo yang terletak di sebelah kanan atau timur pantai ini.

Rute Menuju Pantai Kijingan

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

1. Dari Pacitan kota

Masih dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai di pantai ini jika ditempuh dari Pacitan kota, dengan rute sebagai berikut : 

Pacitan kota > jl. Brigjend Katamso > jl. Batu permata > jl. Veteran > jl. Diponegoro > jl. Pada. Diponegoro > jl. Nasional III > jl. Punung - Goa gong > jl. Punung Kalak > jl. Kalak - Donorojo > jl. Nampu - Kalak > ikuti petunjuk arah dan anda akan sampai di pantai kijingan Donorojo.


2. Dari Jogjakarta

Apabila anda dari kota Jogja , berikut ini rute yang bisa anda tempuh dengan jarak tempuh sekitar 3-4jam tergantung faktor lancar atau tidaknya lalu lintas dan jarak tempuh 99 km.


Jogjakarta kota > jl. Mataram > jl. Juminahan > jl. Bausasran > jl. Gayam > jl. Kenari > jl. Kusumanegara > jl. Gedong kuning > jl. Wonosari - menuju kabupaten Gunungkidul terus ikuti terus di jl. Nasional III > jl. Kyai legi > jl. KRT judoningratan > jl. Nasional III > jl. Giritontro - Baturetno > jl. Paranggupito > jl. Raya pantai Nampu > jl. Nampu Kalak > pantai kijingan Donorojo.


Pesona Keindahan Pantai Kijingan


Pantai kijingan merupakan satu lagi pantai baru yang menawarkan wisata segar dan sangat eksotis pemandangan yang disuguhkan.

Pantai ini terletak di sisi kanan pantai Banyutibo Pacitan dan untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh rute yang dimulai dari pantai Banyutibo.

Perjalanannya memang cukup menantang, bayangkan saja anda akan melewati jalan setapak yang letaknya di badan perbukitan yang curam dan licin.


Meskipun perjalanan cukup menantang dengan rute yang terjal, namun pemandangan laut lepas akan anda nikmati dari ketinggian yang semakin terlihat indah.


Sekitar 30 menit treking, maka anda akan menginjakan kaki di pantai yang tak terlalu luas namun memiliki keindahan alam yang luar biasa.
10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

Wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan pasir putih yang lembut dan material yang terbawa air laut lainya seperti serpihan batu karang ataupun keong laut yang telah ditinggal penghuninya.
Pemandangan laut lepas tanpa pembatas terlihat sejajar dengan langit biru menjadi lukisan alam yang nyata. Kejernihan air lautnya yang biru kehijauan serasi dengan buih ombak yang datang berlomba sampai ke tepian menghantam pasir dan batu karang.


Di sini ombaknya terbilang tinggi, maka itu aktifitas air diperbolehkan namun dengan terlebih dahulu melihat kondisi alam apakah memungkinkan atau tidak, pasalnya ombak besar bisa datang kapan saja ditambah wilayah daratan yang tidak luas , hal ini cukup membahayakan.


Namun anda jangan kecewa, karena saat ombak tidak ganas, bermain air disini cukup membuat lupa waktu. Tumbuhan laut dan berbagai jenis ikan serta keong laut menghiasi perairan ini. Dilihat dari permukaan akan nampak seperti penangkaran ikan hias raksasa.


Kembali ke daratan, bukit hijau menghiasai sekeliling pantai ini. Tumbuhan tropis khas pantai yakni daun pandan berduri menjadi pemandangan yang manis untuk dilihat.

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

Suasana panas tak akan terasa menyiksa karena semilir angin di pantai ini membuat nyaman dan sejuk. Tempatnya yang bersih bebas dari sampah apapun membuat kita akan betah berlama-lama berada disini.


Apalagi suasana tenang karena memang tak terlalu ramai menciptakan suasana damai dan menjadikan momen bersantai anda berkualitas. Beberapa batuan hitam juga melengkapi pemandangan di tempat sunyi ini, berbagai ukuran dan ukiran batu menjadi spot cantik untuk selfie, batuan ini bisa digunakan untuk duduk dan menikmati lautan serta langit yang terpisahkan oleh garis halus yang menipu mata.


Menjelang sore hari, suasana berubah hangat saat matahari hendak pulang ke peraduannya.
Meskipun pantai ini menghadap ke selatan, namun temaram sunset jelas nampak dari sini , hal ini karena pandangan kita di kanan dan kiri tak terhalang apapun 


Terpisah dari wilayah pantai, tepatnya berada di atas bukit pantai kijingan, terdapat sebuah lapangan rumput hijau . Terbentuk seperti lembah namun dipenuhi rumput hijau , terbentang luas dan di aliri sebuah sungai yang menuju ke lautan lepas di sisi samping tempat ini.


Melengkapi eksotisme pantai yang belum terjamah di Pacitan ini, Padang rumput hijau dengan ukuran yang cukup lebar sehingga tempat ini menjadi spot camping ataupun bumi perkemahan yang menarik.


Suasana sepi, tempat nya yang luas juga mata air dari sungai yang jernih mengalir guna memenuhi kebutuhan camping para wisatawan dan yang pasti aman dari terjangan ombak namun view pantai tetap di dapat, sempurna.


Kegiatan Menarik Saat Di Pantai

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya


Jika ombak sedang tidak tinggi beraktifitas air seperti berendam ataupun hanya sekedar basah-basahan diperbolehkan saja. Namun pengunjung diwajibkan untuk selalu waspada karena ombak besar bisa datang kapan saja.


Ditambah lagi tempat ini memiliki ombak yang cenderung tinggi dan tidak ada karang dengan jumlah memadahi di sekitar air laut sebagai penghalang ombak.


Berjalan menyusuri pantai yang tidak seberapa luasnya ini menjadi pilihan yang menarik, anda bisa meninggalkan jejak kaki anda pada pasir pantai yang lembut.


Atau sekedar duduk santai dan menikmati gelombang laut yang menggebu-gebu, angin semilir dan keindahan alam pantai lainya. Hal yang menjadi aktifitas wajib saat berwisata adalah mengabadikan momen-momen indah saat di lokasi wisata, apalagi tempatnya seindah pantai kijingan ini.


Di pantai ini semua area adalah spot foto terbaik karena view nya memang semua menarik. Sehingga hasil bidikan Anda akan memiliki background yang sempurna secara menyeluruh. Kalau anda ingin merasakan sensasi tidur di alam terbuka, maka camping menjadi pilihan yang cukup tepat. Apalagi di sini tempatnya memang cocok , meskipun agak lebih tinggi dari area pasir namun masih dekat untuk merasakan indahnya suasana pantai di malam hari.


Dari bumi perkemahan ini pula anda akan menikmati indahnya sunset kala sore hari, dan sunrise yang menyambut Anda di pagi hari.


Mitos Pantai Kijingan

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

Sejauh ini masih simpang siur mengapa pantai seindah ini dinamakan pantai kijingan. Sedangkan kijing sendiri berarti batu nisan dalam istilah Jawa. Namun jika menilik bentuk nya pantai ini tak mirip kijing dilihat dari sisi manapun.


Ombak di pantai ini memang cukup besar dengan batuan karang yang licin. Jika tak berhati-hati maka akan berakibat fatal. Ombak Pantai indah ini juga tercatat telah beberapa kali menggulung pengunjung yang tak berhati-hati.


Namun dibalik namanya yang masih dalam tanda tanya, ke elokan pantai ini sangat mempesona dan rugi jika anda melewatkannya. Yang terpenting tetaplah berhati hati dan selalu waspada, jangan lupa pula mulai kegiatan Anda dengan berdoa.


Fasilitas

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

Fasilitas di pantai ini terbilang masih minim, baru ada beberapa kamar mandi dan warung makan pun hampir tidak ditemukan. Semua fasilitas masih dalam tahap pembangunan dan terus dikembangkan oleh pengelola setempat guna menunjang kebutuhan wisatawan.


Jika anda ingin membeli makanan ataupun minuman sebaik nya di pantai Banyutibo saja, karena disana sudah tersedia banyak warung penjual makanan ringan sampai berat.


Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai ini sebesar 5.000 rupiah saja. Parkir sebesar 2.000 / motor  dan 5.000 / mobil ( kendaraan anda akan terparkir di area parkir Banyutibo )


Tempat Wisata Terdekat

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

1. Pantai Banyutibo

Pantai ini memiliki karakter yang sama dengan pantai Jogan di Jogjakarta, memiliki aliran air terjun dari sungai yang mengalir ke laut. Pantai ini begitu indah dan unik, sayangnya bila ombak sedang pasang wisatawan hanya bisa menikmati indahnya lautan dari atas tebing, hal ini disebabkan wilayah pasir pantai ini begitu sempit.



Terletak di desa Widoro, Donorejo, pacitan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari lokasi pantai Langitan. Pantai ini memiliki ciri khas batuan karang beraneka ragam bentuk.


3. Pantai ngandul

Masih di desa Widoro, Donorejo, Pacitan. Pantai ngandul juga memiliki pesona yang memukau.
Tempat ini belum begitu ramai, namun keindahan alamnya sangat indah .


4. Pantai Langitan

Masih di desa Widoro, Donorojo, Pacitan. Pantai ini juga tak kalah indah dengan pantai di sekeliling nya.masih asri dan belum ramai di datangi Wisatawan sehingga suasana damai bisa anda rasakan.
Restaurant Terdekat

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

1. Mie ayam dan bakso mas Tarman

Ini nih yang pengen kulineran berbahan mie, di warung spesial mie ayam dan bakso ini rasanya lezat, taburan daun bawangnya melimpah. Harganya juga ramah di kantong, posisinya persis di pinggir jalan , tepatnya di jl. Pacitan Donorojo, Druju, Donorojo, Pacitan.


2. Sea view restauran

Merupakan lokasi wisata kuliner yang bergaya modern. Bangunan luas dan ramah anak, parkir juga luas, Fasilitas free WiFi, di jam-jam tertentu bila anda beruntung ada love music yang akan memberi nilai plus bagi keistimewaan tempat ini.  Yang terpenting makanan yang disediakan sangat Jawa sekali. Lokasi : jl. Wage Rudolf Supratman, Balong, Sidoharjo, Pacitan.


3.  Warung makan sederhana.

Tepatnya di jl. Pacitan Donorojo, Druju, Donorojo, Pacitan. Rumah makan ini menyediakan menu masakan Jawa yang lengkap, lezat dan harganya ramah di dompet. Letaknya di pinggir jalan raya membuat warung ini mudah dijangkau.


4. Ikan bakar sambel manteb

Terletak di desa Sendang, Donorojo, Pacitan. Warung makan ini menyajikan ikan bakar dan aneka olahan seafood lainya dengan sambal yang mantab pedasnya dan beranekaragam.


Hotel Terdekat

10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya

1. Desa Limasan

Terletak di desa ketro, Watukarung, pringkuku, Pacitan. Desa Limasan merupakan sebuah penginapan yang berada di tengah pedesaan asli dan berada di lingkungan warga desa asli. Fasilitas penginapan disini seperti kolam renang dan ruangan bernuansa alam yang menenangkan. Penduduk sekitar juga ramah ditambah banyak aktifitas seru yang bisa di lakukan disini.


2. Homestay Larasati

Homestay ini terletak di desa Kendal, sendang, Donorojo , Pacitan , Jawa timur. Terletak di kawasan pantai klayar, tepatnya sebelum pintu restribusi anda akan menemukan penginapan dengan nuansa bangunan kayu yang cantik. Fasilitasnya seperti kamar mandi dalam, teras, tv, dan AC dapat anda nikmati disini.


3. Dua putri Homestay

Terletak di desa ketro, Watukarung, pringkuku, Pacitan. Homestay ini berupa bangunan rumah biasa yang sejuk dan di kawasan pedesaan yang asri.


4. Homestay Rizqi

Terletak di jl. Pantai klayar,Kendal, sendang, Donorejo, Pacitan. Homestay ini merupakan sebuah tempat istirahat yang cukup nyaman dan bersih. Fasilitas seperti lahan parkir dan musholla sudah ada. Pelayanan ramah dengan harga yang masih ramah di kantong. Selain itu keunggulan lain yakni akses jalan mulus dan mudah.


Tips

Berkunjung ke pantai yang belum terjamah ini alangkah baiknya persiapkan kondisi tubuh dan pastikan benar-benar fit. Pasalnya pantai ini masih berjarak 30 menit dari pantai Banyutibo ditempuh dengan treking gunung di jalan setapak.


Bawalah bekal berupa pakaian ganti, peralatan mandi dan juga makanan serta minuman yang cukup. Selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat berwisata semoga artikel ini bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "10 Gambar Pantai Kijingan Pacitan Jawa Timur, Rute dan Tiket Masuknya"

Post a Comment