11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk

Garut Selatan memiliki deretan pantai dengan pesona yang alami dan khas. ‌Pantai sayang heulang salah satunya, pantai dengan pemandangan laut luas menghadap langsung samudra Hindia menjadi tujuan utama para wisatawan saat libur tiba.


Memiliki hamparan pasir putih kecoklatan yang panjangnya mencapai 2 km, pantai ini termasuk pantai yang ramah anak.‌ Ombak di pantai yang dekat dengan pantai Santolo garut ini cenderung tenang sangat cocok untuk bermain air bersama buah hati dan orang-orang terkasih tanpa perlu was-was.


‌Batuan karang menjadi pemanis pemandangan pantai ini, warnanya yang hitam berpadu air laut yang biru kehijauan menjadi padu padan yang eksotis. ‌Pantai sayangheulang sudah berkembang dan memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadahi .

‌Jaraknya yang tidak jauh dari Pantai Santolo garut, membuat pantai ini bisa ditempuh dari pantai Santolo hanya dengan menyebrangi jembatan kayu ataupun menyewa kapal dengan harga terjangkau.

‌Fasilitas lengkap dan modern dapat anda nikmati, mulai dari rumah makan sampai hotel dengan view laut yang menarik dan harga sewa sangat terjangkau.

‌Bagaimana anda tertarik mengunjungi tempat ini? ‌Berikut gunungkidulku.com akan membahas secara terperinci tentang lokasi wisata , pesona , aktifitas menarik, sampai fasilitas yang dapat dinikmati secara lengkap dan Sebenarnya .
Lokasi Wisata

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Pantai berpasir putih ini secara administratif masuk ke wilayah desa mancagahar, kecamatan Pameungpeuk , kabupaten Garut , Jawa barat.

‌Meskipun lokasi ini bisa dilalui dari pantai Santolo dengan menyebrangi jembatan ataupun menyewa kapal nelayan, namun loket tiket dan pintu masuk pantai ini berbeda dari pantai Santolo.


Rute Menuju Pantai Sayang Heulang


11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Garut kota > jl. Margawati > jl. Bratayudha > jl. Pasundan > jl. Papandayan > jl. Cimanuk > jl. Raya Cisurupan - Cikajang > jl. Raya cidatar > jl. Cikajang > jl. Amblas > Cipang Ramatan > jl. Ciparay >  jl. Raya Cihurip > jl. Raya Cisompet > jl. Raya cigodeg > jl. Cilauteureun > Pantai sayangheulang Cijambe.
‌Rute ini melalui Garut - Cikajang dengan jarak tempuh 95 km dan jarak waktu 3 jam jika jalanan lancar.
‌Kontur jalan yang anda lalui cukup aman dan memadai. Hanya saja anda perlu berkonsentrasi karena kelokan khas Garut Selatan menjadi jalur yang akan anda lalui.

Pesona Keindahan Pantainya


‌Hamparan pasir putih akan anda jumpai saat anda tiba. ‌Pasir putih kecoklatan yang lembut memanjang 2 km dengan lebar hampir 50 meter menjadikan suasana lega dan perasaan bebas sangat terasa disini.

‌Pantai ini memiliki wilayah berpasir dan sebagian lainya dihiasi karang hitam yang cantik. ‌Di area pantai berkarang, wisatawan akan disuguhi pemandangan ikan-ikan kecil penghuni lautan dangkal yang berenang di sela-sela batuan, ikan beraneka ragam ini nampak jelas dilihat dari permukaan air, pasalnya air di pantai ini masih bersih dan tidak ada sampah .

‌Saat air surut pantai ini menjadi hamparan hijau di tepian, tumbuhan laut menghiasi karang dan aneka warna biota laut lainya yang menjadi pemanis pemandangan indah ini.


11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Pada musim-musim tertentu biasanya warga sekitar berlomba-lomba mencari rumput laut yang tumbuh subur di sekitar karang.

‌Rumput laut yang tumbuh subur dengan jumlah yang melimpah, membuat pemandangan pantai menjadi hijau segar seperti Padang rumput yang subur, berpadu dengan air laut yang biru .
‌Rumput laut ini nantinya akan dijual ke tengkulak ataupun wisatawan, karena banyaknya jumlah rumput laut yang bisa dipanen tidak habis bila dikonsumsi sendiri, biasanya rumput laut akan tumbuh saat musim kemarau dan udara dingin.

‌Pemandangan warga yang beramai-ramai mencari rumput laut ini biasanya akan anda lihat di sore hari saat matahari sudah tidak terik dan air laut sedang surut.

‌Suasana hangat dan kekeluargaan sangat terasa, jadi selain berwisata anda juga bisa bercengkrama dan lebih dekat dengan warga sekitar.

‌Saat air sedang surut, ombak pantai akan jauh dari bibir pantai, sehingga anda bisa berjalan lebih jauh ke arah karang yang ditinggalkan ombak. 

‌Sedangkan di area berpasir pantai ini sangat cocok untuk berbagai aktifitas, area berpasir merupakan area yang luas dan bersih.

‌Air nya yang biru pekat menyentuh langit dan buih ombak putih menerpa pasir dengan tenang menjadi pemandangan mengagumkan yang tak terlupakan.

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Bukit di sekitar pantai ini juga menampakan pemandangan hijau dari pohon yang tumbuh subur menambah rasa asri dan sejuk pantai ini. ‌Di beberapa spot bukit ini dibangun gazebo sebagai tempat istirahat yang Istimewa dengan view yang luar biasa elok.

‌Di bagian lain pantai ini terdapat area bumi perkemahan yang luasnya cukup menampung ratusan tenda. ‌Di area ini, tak hanya lapang tapi pohon-pohon rindang juga menjadi penghias dan menjadikan tempat ini rindang dan sejuk.

‌Pohon pandan tertata rapi dan tumbuh subur di setiap titik area pasir putih , pohon tropis ini semakin menambah pesona dan aura pantai yang khas.

‌Sama halnya dengan pantai di dekatnya, pantai ini memiliki sunset yang sangat cantik.
‌Layaknya etalase kaca yang bersinar, cahaya emas memantul ke air laut menjadikan senja anda terasa sempurna.
Aktifitas Menarik

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat wisata Di Mancagahar ini. ‌Salah satunya anda bisa bermain air sepuasnya, ombak pantai ini lebih tenang dari beberapa pantai di Garut Selatan pada umumnya.

‌Apalagi saat laut surut, ombak akan menjauh ke tengah laut digantikan genangan air tenang dan pelataran karang-karang yang cantik.

‌Anda bisa berjalan agak ketengah untuk melihat ikan laut yang cantik-cantik tumbuh disela-sela karang, atau anda bisa berendam dalam celah karang yang dalam.

‌Menangkap ikan hias bersama buah hati dan mengenal kan berbagai biota laut kepada si kecil, Liburan anda akan lebih bermanfaat.

‌Anda memiliki hobi memancing? Pantai ini tempat yang cocok untuk menyalurkan hobi anda.
‌Banyaknya ikan di sela-sela karang yang memiliki gelombang air deras menjadi tempat tinggal yang digemari ikan.
‌Bawalah peralatan pancing dari rumah , dan nikmati waktu senggang anda, berlibur sekaligus menyalurkan hobi bukanlah ide yang buruk.

‌Berkeliling pantai, menyusuri tepian berpasir yang panjang ataupun karang-karang yang menghiasinya menjadi pilihan aktifitas selanjutnya.

‌Jika matahari belum tinggi, anda bisa berjemur dan menikmati pemandangan indah sambil bersantai. ‌Pasir di pantai ini memiliki tekstur yang lembut , jadi bisa anda mainkan dan bentuk sesuka hati.

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
‌Menghubungkan pantai Santolo Garut dengan pantai sayangheulang, terdapat sebuah jembatan yang bisa di lalui jika baik dari pantai Santolo Garut maupun dari pantai sayangheulang.

‌Di atas jembatan ini, anda akan melihat lautan yang luas dan megah, ciri khas samudera Hindia tanpa penghalang.

‌Berbagai fauna seperti monyet dan burung-burung yang hidup di pulau Santolo bisa anda lihat dari jembatan gantung yang terbuat dari kayu ini.

‌Namun jangan sekali-kali mengusik, meskipun tidak mengganggu bagaimanapun binatang disini liar, tapi percayalah bahwa mereka tidak akan melukai anda selama tidak terancam.

‌Menikmati berbagai fasilitas dengan mengunjungi salah satu restoran ataupun rumah makan sederhana pilihan anda, dan menikmati sajian olahan seafood yang menggugah selera, akan terasa nikmat saat disantap ditemani pemandangan laut yang biru.

‌Atau jika anda ingin lebih bebas, menyewa sebuah gazebo yang letaknya strategis bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bersantai, anda juga bisa menikmati kuliner di tempat ini.

‌Lelah seharian berwisata, saatnya anda duduk tenang dan menghadap laut sambil menyaksikan matahari yang pelan-pelan pulang ke peradaban nya.
‌Suasana hangat dan romantisme akan sangat kental di waktu senja, lautan biru, pasir putih, pohon hijau, akan berubah warna emas dalam waktu beberapa saat.

‌Angin sepoi-sepoi akan menerpa wajah anda terasa sejuk dan segar, wah jadi tertarik ingin berkunjung? Atau ingin menginap disini? Disini disediakan area perkemahan yang cukup luas.
‌Nikmati suasana malam anda yang berbeda dan berkesan dengan mencoba camping disini.

Mitos Tempat Wisata

‌Masyarakat di sekitar wilayah ini percaya, bahwa di tempat ini terdapat penunggu laut. ‌Jika air surut, dikatakan ada beberapa orang yang pernah melihat kuda putih berjalan di tengah lautan.

‌Namun tidak dijelaskan siapa dan apa makna yang tersirat dari penglihatan beberapa orang tersebut, warga hanya percaya bahwa semua akan baik-baik saja asal tidak saling mengusik.

‌Semua diciptakan untuk saling berdampingan dan menjaga, tidak ada ritual khusus untuk hal ini, asal segala aktifitas di pantai ini di awali dengan berdoa dan waspada pasti akan dilindungi yang Maha Kuasa.

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
Fasilitas
‌Berbagai fasilitas di sini sudah dikembangkan secara modern dan lengkap, dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, lahan parkir yang luas, rumah makan yang berjejer serta hotel dengan view pantai sudah mulai berkembang di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayangheulang
‌Mau liburan murah tapi mewah? Di sini tempatnya . Cukup 10.000 saja dan bayar parkir 2.000 untuk sepeda motor, 5 ribu untuk mobil dan 25.000 untuk bis besar.

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk

Tempat Wisata Terdekat 

Sahabat traveller apabila sudah piknik ke pantai ini ada baiknya sekalian berwisata ke tempat lainnya dan terdekat berikut ini,

‌1. Pantai Santolo Garut
‌Terletak di Cikelet, Garut , Jawa barat, pantai ini menyuguhkan pemandangan laut lepas samudra Hindia. Dan berbagai aktifitas seperti banana boat dan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern.

‌2. Pantai Sodong Lalay 
‌Terletak di Cigoa, Karangwangi, Mekarmukti , Garut pantai ini memiliki view laut yang bagus, pemandangan sunset yang mempesona serta spot memancing yang digemari.

‌3. Pantai karang parenje
‌Terletak di karyasari, cibalong , Garut , Jawa barat pantai ini merupakan tempat yang sangat indah dengan sunset terbaik dan spot memancing yang banyak ikannya.

‌4. Pantai cidora
‌Pantai ini letaknya hanya 100 meter di sebelah pantai rancabuaya.
‌Memiliki pemandangan karang yang memukau dan suasana yang masih sunyi.
‌Cocok untuk anda yang mencari ketenangan dan rehat sejenak dari aktifitas yang membosankan.

Hotel dan Penginapan Trdekat Pantai Sayangheulang Jawa barat.

11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk
Jika anda ingin menikmati wisata di pantai yang berada di jawa barat ini saat malam hari anda bisa menginap di hotel dan penginapan terdekat berikut ini,
‌1. Penginapan karanglaut sayangheulang
‌Berada di lokasi pantai dengan fasilitas yang memadai serta view laut yang memanjakan mata. Pelayanan yang ramah serta harganya relatif murah ya.

‌2. ANB resort and hotel
‌Terletak di jl. Cilauteureun no . 38, Pameungpeuk, Garut, Jawa barat.
‌Merupakan resort dan hotel berkelas dengan fasilitas modern dan pelayanan profesional. 

‌3. Balinda Homestay
‌Berlokasi di jl. Cilauteureun , balinda Homestay memiliki pemandangan yang sangat cantik.
‌Tempat nya yang nyaman serta fasilitas modern bisa anda nikmati disini.

‌4. Penginapan Bayu samudra
‌Terletak di jl. Pantai Santolo, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.
‌Hotel sederhana yang nyaman , murah dan pelayanan ramah.
‌Bersih dan luas serta fasilitas kamar memadai.

Rumah makan terdekat
‌1. Warung makan erbyasa 
‌Terletak di mancagahar, Pameungpeuk, Garut regency warung ini menyediakan menu-menu lezat menggugah selera. ‌Tempat nya yang nyaman dan bersih sangat cocok untuk tempat bersantap anda.

‌2. Saung Ranggon
‌Terletak di jl. Cilauteureun no 56, Pameungpeuk, Garut , Jawa barat.
‌Tempat yang nyaman untuk acara berkumpul bersama menikmati menu yang disediakan.
‌Olahan seafood yang lengkap dan juga menu lain yang tak kalah enak.

‌3. Warung muman
‌Berlokasi di kawasan wisata sayangheulang, warung dengan menu komplit ini digemari setiap pengunjung. Pasalnya meskipun sederhana namun Tempat nya bersih, rapi dan rasa masaknya menggugah selera.

‌4. Rumah makan seafood ised-isedan
‌Menyediakan menu seafood yang lengkap dengan berbagai olahan .
‌Bumbu yang khas meresap sempurna Sangat pas di lidah. Ditambah lagi harganya juga terjangkau.
‌Berlokasi di komplek wisata Santolo, Cilauteureun, pamalayan, Cikelet, Garut, Jawa barat.

Tips
‌Jadilah Wisatawan yang cerdas dengan memanfaatkan alam dan tempat yang anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan.

‌Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "11 Gambar Pantai Sayang Heulang Garut Jawa Barat, Penginapan dan Tiket Masuk"

Post a Comment