11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan


11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan
Pantai rancabuaya merupakan sebuah pantai di kecamatan Caringin, Garut yang berkembang menjadi wisata yang sarat akan fasilitas lengkap dan eksotisme pemandangan laut yang mengagumkan.


Pantai yang dikenal sebagai salah satu latar pengambilan gambar film perahu kertas yang di bintangi Adipati Dolken dan Maidi Ayunda sebagai pemeran wanita ini dikenal orang dengan sebutan pantai rancabuaya perahu kertas.

Menjelajah lebih jauh pantai yang bersebelahan dengan pantai cidora ini banyak hal yang mengagumkan.


Mulai dari pemandangan pantai dan tebing-tebing dengan ukiran cantik khas pantai serta fasilitas lengkap mulai dari warung makan sampai hotel.


Pengelola pantai ini dipelopori oleh komunitas setempat yang konsisten untuk mengembangkan pantai dengan batuan karang yang mendominasi ini.


Arah laut yang menghadap ke barat membuat pantai ini dikenal dengan pesona sunset nya yang indah.

Ombaknya yang tidak terlalu tinggi serta keberadaan air terjun yang menghadap serta mengalir langsung ke arah laut semakin menambah daya tarik lokasi wisata .


Berikut ini gunungkidulku.com akan mengupas lebih lengkap dan sebenarnya tentang keindahan pantai rancabuaya mulai dari lokasi, rute yang dapat anda lalui, pesona wisata, fasilitas sampai hotel terdekat .
Lokasi 

Terletak di desa Purbayani, kecamatan Caringin, kabupaten Garut , Jawa barat .
Pantai ini hanya berjarak beberapa meter saja dari Pantai Cidora, dan menjadi satu garis pantai.


Rute Menuju Tempat Wisata

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

1. Dari Garut kota

Via jalan raya Garut- Cikajang
Garut kota > jl. Margawati > jl. Bratayudha > jl. Pasundan > jl. Papandayan > jl. Cimanuk > jl. Raya Cisurupan - Cikajang > jl. Cidatar > jl. Cikajang >jl. Amblas > Cipang ramatan > jl. Ciparay > jl. Raya Cihurip > jl. Raya cisompet > jl. Raya cigodeg > jl. Cilauteureun > jl. Rancabuaya > pantai rancabuaya Purbayani, Caringin.


Rute via Garut - Cikajang ini memakan waktu 3 ,5 jam tanpa macet, dengan jarak tempuh 135 km .
Kondisi jalan sudah lebar dan rata hanya anda perlu waspada pada beberapa kelokan tajam pegunungan khas Garut Selatan.


2 . Dari kota Bandung
Via jalan  Pangalengan

Bandung kota > jl. Baranangsiang > jl. Jendral Ahmad Yani > jl. Asia Afrika > jl. Jendral Sudirman > jl. Nasional III > jl. Soekarno Hatta> jl.  Terusan Pasirkoja >  jl. Tol Soraja > jl. Al-fathu > jl. Raya Soreang Banjaran > Dangdeur > jl. Pahlawan > kebon kelapa > jl. Raya Pangalengan > jl. Situ Cileunca > jl. Raya Wates > jl. Cukul > jl. Talegong > jl. Raya Talegong > jl. Purwabhakti > jl. Cisewu - Sukarame > jl. Rancabuaya ( ikuti papan petunjuk ) > pantai rancabuaya Caringin


Butuh waktu sekitar 4 jam jika jalanan lancar.


Jalur rancabuaya ini memiliki jalanan yang cukup baik, hanya saja tipe nya yang berbukit membuat adanya kelokan tajam di beberapa tempat.
Pastikan anda berhati-hati dan tetap konsentrasi.


Pesona Wisata Pantai Rancabuaya


Rancabuaya Beach merupakan pantai berkarang yang amat memukau. Batuan karang dengan warna hitam yang legam mendominasi pemandangan sekitar pantai.


Pada saat air laut surut, dan ombak jauh dari pantai, maka batuan karang ini semakin terlihat jelas mempesona. Salah satu daya tarik inilah yang menjadi ciri khas pantai yang berdekatan dengan puncak Guha ini.

Pasir putih dan bersih menjadi pelengkap warna-warna indah penghias seperti laut yang biru dengan buih ombak putih yang alami serta pepohonan hijau dari bukit maupun yang tumbuh rindang di sepanjang pasir pantai.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

Pantai dengan fasilitas lengkap dan pembangunan yang serba modern ini memiliki biota laut berupa ikan warna-warni dan juga terumbu karang yang indah, tak ketinggalan aneka rumput laut dan ganggang hijau sebagai tumbuhan khas laut rancabuaya yang subur dan menghiasi tepian laut , pemandangan hijau dan hitam dari tumbuhan laut dan karang yang kontras namun menyatu sempurna ini sangat jelas saat lautan surut.
Seakan ingin menunjukan bahwa tempat ini begitu sempurna, sebuah tebing menghadap ke laut langsung mengalirkan gerojokan air terjun yang mengalir langsung ke laut dengan percikan yang alami dan menyegarkan.

Air terjun ini memiliki lebih dari satu gerojokan, yang terdiri dari 2 gerojokan besar dan dua lainya memiliki aliran gerojokan kecil.


Percikan airnya sangat dingin dan memberi hawa sejuk di tengah-tengah pasir pantai yang panas. Selain indahnya gemericik air terjun yang menghadap langsung ke laut, tebing di sekitaran air terjun pun sangat indah. Terpahat alami dengan sempurna, kokoh seperti benteng yang melindungi pantai Ini.


Di pantai ini juga merupakan sebuah pelabuhan kecil dimana para nelayan setempat biasa berkumpul dengan perahunya yang berjejer membentuk suasana kehidupan yang harmonis di tepi pantai.


Hasil tangkapan nelayan biasanya berupa ikan tuna dan salmon yang menjadi penghuni lautan rancabuaya dengan populasi tertinggi.


Saung-saung untuk bersantai juga telah dibangun disini , view laut menjadi tempat strategis di bangunnya beberapa gazebo yang menghiasi wilayah karang yang jauh dari ombak.


Dengan segala kemewahan yang disuguhkan pantai ini, tetap saja nuansa alami tidak hilang dengan fasilitas yang semakin berkembang.


Saat malam menjelang, perlahan matahari berarak pulang, suasana alam berubah hening, ditemani kawanan burung yang terbang dengan riang, dan temaram langit senja berwarna emas memantul ke seluruh penjuru pantai.


Romantis, bahkan mungkin anda akan dibuat enggan beranjak dari tempat duduk anda menikmati suasana hangat bertaburan warna jingga ini, 


Semilir angin, dan deburan ombak saling sahut menjadi suara alam yang elok di dengar.
Burung-burung terbang hendak pulang, mengarungi udara hangat di atas laut yang menguning.


Samar-samar pohon pandan bergerak mengikuti arah angin, mega menjelma menjadi lukisan yang nyata.
Ya, inilah rancabuaya , dikenal dengan tempat terbaik menikmati sunset di Garut dengan pemandangan laut lepas.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

Aktifitas Menarik

Bermain air di rancabuaya sangat tidak disarankan, selain memiliki ombak yang lumayan tinggi meskipun pada dasarnya tidak terlalu berbahaya bagi yang telah mahir berenang , namun pengelola setempat selalu menghimbau untuk tidak berenang ketika ombak sedang Tinggi.


Ditambah dengan kontur pasir yang landai dan juga batuan karang berjejer hampir di sepanjang pantai, tentu ini bukan tempat yang cocok untuk berenang. Jika hanya ingin bermain air, tentu saja tidak masalah , dengan catatan selalu waspada.

Namun demikian, pantai ini memiliki obat bagi anda yang kecewa karena tidak bisa berenang di lautan , ada sebuah aliran sungai di bawah air terjun yang menghadap ke laut lepas, tempat ini yang biasanya dijadikan tempat bermain air sepuasnya tanpa khawatir.


Anda bisa berendam, berenang dan menjelajahi air sungai yang jernih ini . Sensasi percikan hujan dari air terjun juga menambah sejuk dan segar.
11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan


Saat anda telah puas menjelajahi aktifitas air, berjalan- jalan di tepi pantai atau bermain di pasir yang lembut menjadi pilihan menarik lainya.


Pasir disini terdiri dari pasir kasar di tepian air laut dan pasir halus yang bisa anda gunakan untuk aktifitas , baik sendiri maupun bersama buah hati.


Berjemur di pasir putih ini mungkin akan membuat anda sedikit relaks , melepaskan sejenak rutinitas yang  riuh dan menjenuhkan.


Jika anda beruntung, saat lautan surut pemandangan karang dan rumput laut nampak seperti Padang rumput hijau yang tumbuh di lautan.


Warna-warni ikan kecil yang tertinggal ombak di celah karang menjadi penghias yang sempurna.
Anda bisa membidik dengan camera karena air laut sangat bening sehingga ikan yang berlalu lalang nampak sangat jelas.


Semua area disini bisa menjadi background foto yang menarik.
Anda bisa membuat story di medsos sebagai bentuk promosi dan juga agar kenangan anda tersimpan aman tanpa harus takut hilang.


Bersantai menikmati alam sekitar sambil duduk di saung yang berada di tepian pantai, menikmati suasana pantai sembari beristirahat melepas lelah setelah melakukan berbagai aktivitas.


Tersedia juga banyak tempat makan yang menawarkan menu seafood segar dengan berbagai olahan bercita rasa khas Garut.

Menu yang ditawarkan cukup bervariasi dan masih ramah dikantong, sehingga liburan anda akan terasa lengkap dengan wisata kuliner sekaligus.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

Melewati sepanjang hari disini, akan terasa lengkap jika anda menunggu suasana matahari tenggelam. Romantis itu yang akan anda rasakan. Secangkir kopi panas mungkin bisa menjadi teman terbaik di moment ini. Mengantar mentari pulang ke peraduan.


Kalau belum puas, anda bisa camping dan menikmati malam sunyi untuk istirahat anda sambil menghirup aroma laut yang khas dan deburan ombaknya yang nyaring sampai ke mimpi anda .


Yang jelas, pantai ini memiliki sejuta pesona dan panorama yang nyata membuat pengunjung nya enggan lupa. Jika sudah demikian , silahkan mencoba....


Mitos di Pantai Rancabuaya

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

Mitos yang berkembang di sekitar pantai ini dan oleh penduduk setempat masih dilestarikan turun temurun sebagai cerita nenek moyang yang harus dipercayai.

Masih sama dengan beberapa pantai selatan, mitos nyiroro kidul masih kental dan akrab kali terdengar di Ka'bah masyarakat setempat.


Terutama pada mereka yang berprofesi sebagai nelayan, kabar bahwa nyiroro kidul acap kali muncul dalam gulungan ombak besar dan berwujud wanita yang sangat cantik .


Jika ada korban yang tenggelam, maka dikatakan bahwa korban tersebut adalah pilihan sang ratu sebagai korban. Diyakini semua korban tenggelam yang meninggal, merupakan masih satu garis keturunan selir prabu Siliwangi yang akan dijadikan budak di istana laut selatan.


Nyi loro kidul sendiri konon adalah putri yang diusir sang raja sendiri yakni prabu Siliwangi, karena pengaruh sihir' para selir yang merasa iri akan kecantikan dan kebaikan harinya.


Sampai kini, mitos ini masih dipercayai oleh beberapa masyarakat di tanah Jawa, khusus nya yang tinggal di dekat laut selatan.


Entah percaya atau tidak, namun mitos ini masih hidup hingga kini. Setidaknya sebagi Wisatawan kita diharapkan untuk berhati-hati dan selalu waspada dengan doa sebagai landasan segala hal yang kita kerjakan.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan


Baca Juga :  Rute, Jalan, Peta Lokasi Menuju Gunung Gambar Gunungkidul Yogyakarta

Fasilitas

Berkembang nya pembangunan yang serba modern, membuat pantai ini demikian memukau dengan segala fasilitas nya yang memudahkan wisatawan.


Toilet jumlahnya sangat banyak dan kondisi yang bersih terawat, serta parkir yang luas dan nyaman, ditambah warung-warung makan yang menyediakan masakan enak dan tempat yang nyaman tersedia disini.


Jika anda ingin beribadah ataupun sekedar beristirahat, disini juga tersedia mushola , serta beberapa villa yang berdiri megah menghadap laut yang biru dan tak berbatas.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

Harga Tiket Masuk

Cukup dengan 10.000 saja per orang anda sudah bisa liburan sepuasnya di pantai ini.
Tiket masuk rancabuaya ini tergolong murah meriah untukku liburan yang dahsyat.


Tempat Wisata Terdekat


1. Pantai cidora

Pantai ini bahkan satu garis pantai dengan pantai ini, hanya bedanya pantai ini tergolong baru dan masih dalam tahap pengembangan, Masih sunyi dan alami, sehingga cocok bagi anda yang mencari ketenangan.


2. Puncak Guha

Hanya beberapa meter naik ke bukit dari pantai rancabuaya, sudah sampai di puncak Guha.
Spot memancing terbaik dengan pemandangan sunset memukau.



Sodong Lalay merupakan tempat hidup banyak kelelawar, dengan goa-goa yang terbentuk alami sebagai tempat hidup para kelelawar yang jumlahnya ribuan.
Pemandangan laut lepas langsung samudra Hindia menjadi sangat sempurna dari ketinggian.


Penginapan Terdekat 


1. Kamojang Green hotel and resort
Berlokasi di jl. Raya Kamojang no.km. 3, Sukakarya, samarang, Garut, Jawa barat.
Hotel dengan konsep unik dan view alam yang indah. Kamar dibuat dari bahan alami seperti kayu dengan atap alang-alang.


2. Villa jaya sakti 2

Terletak di pantai rancabuaya, Garut , Jawa barat.

Memiliki view pantai dengan modern room dan bungalau room yang cantik . Harganya relatif murah dan tempat nya bersih terawat. Terdapat pula restoran seafood yang siap melayani anda .


3. Villa jaya sakti 3

Letaknya di sekitar pantai rancabuaya, Purbayani, Caringin , Garut. Memiliki suasana yang adem dan dekat pantai. Harga terjangkau dengan fasilitas yang memadahi.


4. Penginapan rancabuaya

Terletak di area pantai rancabuaya, Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.
View pantai yang indah. Tempatnya nyaman dengan harga terjangkau.


5. Neglasari Beach hotel

Hotel dengan konsep alami dan udara sejuk serta berbagai fasilitas menarik di dalamnya, mulai dari AC room dan kolam renang. Terletak di Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.


Rumah Makan Terdekat
11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

1 . Pondok bambu

Rumah makan yang menyajikan aneka olahan seafood yang lezat.
Buka mulai pukul 09.00-00.00. Lokasinya berada di Purbayani, Caringin, Garut, Jawa barat.


2. Sate lamping sari

Bagi wisatawan yang ingin mencoba menu olahan kambing, cobalah mampir di rumah makan yang terletak di jalur kereta api garut-cikajang, Cisurupan, Garut, Jawa barat. Tempatnya yang sejuk dan olahan daging kambing yang lezat, warung sate ini sangat direkomendasikan.


3. Rumah makan sederhana

Namanya boleh sederhana, begitupun konsep bangunanya. Namun menu khas Padang yang disajikan membuat para penggemarnya selalu datang lagi ke tempat ini. Tersedia mushola dan lahan parkir yang luas, serta tempatnya juga nyaman dan bersih. Lokasinya ada di jl. Otista no 72, jati, Tarogong Kaler, Garut, Jawa barat.


4. Rumah makan Megawati

Lokasi berada di jl.ciceuri cilawu- Garut, Tasik km 11 , Mekarsari, Cilawu, Garut. Akses mudah tepat di pinggir jalan raya dan menunya diolah sangat enak.

11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan

5. Pujasera family restaurant

Lokasi : jl.otto Iskandardinata no 64, Tarogong, Pananjung, Tarogong Kaler, cimanganten, Garut , Jawa barat.

Konsep bangunan yang cantik, semi outdoor dan yang pasti view alam bebas sangat memukau.

Menyediakan aneka masakan Sunda yang khas.
Tips

Jalan yang akan anda lalui jika menuju pantai ini sudah memadahi, namun beberapa tikungan patut anda waspadai. Pastikan kondisi kendaraan anda baik dan fisik anda prima, agar konsentrasi anda tetap terjaga.


Tetap jaga kebersihan tempat wisata yang anda kunjungi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan sampai tempat ini hilang pesonanya sebelum tersohor.


Selamat berlibur, semoga artikel ini bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "11 Foto Pantai Rancabuaya Garut Jawa Barat, Mitos + Tiket Masuk dan Penginapan"

Post a Comment