45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya


Bila mengulas tentang wisata Bandung tidak akan pernah ada habisnya, kota berudara dingin ini dari hari ke hari terus menjadi primadona masyarakat Jakarta dan sekitarnya sebagai destinasi wisata andalan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka.


Semakin diminatinya wisata Bandung ini karena keragaman tempat wisatanya, dan yang tidak kalah penting adalah hampir semua tempat wisata Bandung gak bikin kantong bolong alias murah meriah.


Kota dataran tinggi yang terus berbenah ini memiliki potensi luar biasa dari segi keindahan.
Lagipula dekade ini banyak dibangun beberapa tempat wisata Bandung yang modern dengan mengambil konsep western seperti peternakan dan perkebunan ala Eropa.


Wisatawan yang terus berdatangan memang tidak lepas dari keramahan dan kesantunan warga Bandung.


Wisata Bandung sendiri cukup beragam. Terdiri dari wisata alam, wisata edukasi, Wisata bandung lembang,  wisata belanja dan wisata kuliner yang sayang jika anda tidak mengunjungi salah satu atau beberapa tempat menarik yang belakangan menjadi booming di beberapa media sosial.


Berikut daftar wisata Bandung yang akan Gunungkidulku.com informasikan dengan lengkap dan sebenar benarnya sebagai rekomendasi agenda liburan anda.


1. Danau Situ Bagendit .

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung danau situ bagendit merupakan salah satu wisata air yang tersohor di Jawa barat .

Wisatawan akan menikmati pemandangan danau yang luas dengan airnya yang jernih serta pepohonan hijau yang mengelilingi danau akan menambah suasana asri. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin rehat sejenak dari bisingnya perkotaan.


Terletak di jl. Banyuresmi, Garut, Jawabarat. Aktifitas lain yang dapat anda lakukan yakni berkeliling danau dengan menyewa rakit dengan biaya 50k/30 menit berkapasitas 10 orang.
Ada juga sepeda air yang bisa anda coba dengan biaya 20k/20 menit untuk 2 orang.
Di sekitar danau juga disediakan wahana bermain untuk anak-anak seperti adanya track kereta api mini.


Fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas dan nyaman dengan biaya parkir untuk mobil 7k, motor 5k, dan bus 15k. Fasilitas lain seperti mushola, toilet dan rumah makan serta toko oleh-oleh khas daerah juga sudah tersedia.


Rute menuju tempat ini bisa anda mulai dari kota garut- terminal guntur-banyuresmi-situ bagendit.
Buka dari pukul 07.00-17.00 dengan biaya akomodasi 5.000 /orang.


2. Gunung Papandayan. 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah gunung Papandayan yang terletak di daerah Sirnajaya, Cisurupan, Garut, Jawa barat.


Gunung Papandayan merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini. Yang menarik dari gunung ini adalah kawah-kawah yang mengeluarkan asap belerang dan suara gemuruh. Ada banyak kawah di gunung Papandayan ini, yang cukup populer yakni kawah mas, kawah baru, kawah nangklak dan kawah manuk.


Daya tarik lain seperti taman bunga edelweis, hutan mati yang menjadi spot foto terbaik, juga jika anda berada di gunung Papandayan sebelum matahari terbit, maka suasana sunrise yang memukau dapat anda nikmati di tempat wisata yang berada di ketinggian 2.666 m DPAL. Jadi tak mengherankan bila udara disini cukup panas jika siang dan sangat dingin saat malam.


Gunung Papandayan memiliki 4 area perkemahan yakni Bumi perkemahan, Gober hoet, pondok saladah dan Curug hejo. Semua area memiliki luas yang cukup memadai . Ada aktivitas yang tak kalah seru lho di gunung Papandayan ini, wisatawan bisa berendam air panas alami dengan biaya 25k/dewasa dan 15k/anak-anak.


Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitas di salah satu wisata alam pilihan di Garut ini, fasilitas disini sudah lengkap mulai dari toilet, mushola, tempat parkir yang luas, dan warung makan.
Disini juga disediakan menara pandang untuk umum yang memungkinkan wisatawan melihat Papandayan lebih luas dari ketinggian.


Biaya masuk 30k/dewasa domestik, untuk mancanegara 10x lipat. Biaya parkir 7k/sepeda, 12k/motor dan 20k/mobil.

Rute : Garut>Cikarang>alun-alun Cisurupan>gunung Papandayan.


3. Floating Market Lembang.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung floating market Lembang terletak di jl. Grand hotel no 33E, Lembang, Bandung barat. Floating market ini merupakan tempat wisata baru yang menjadi incaran para wisatawan.


Tempat wisata yang menawarkan pesona kota mini ala Eropa ini menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti menyewa sepeda listrik untuk berkeliling kota mini( 35k ),  berselfie dengan kostum Jepang ( 75k ),  mengunjungi rainbow Garden floating market ( 10k ), outbond ( 25k ), becak&mobil mini ( 20k ), naik sampan kapasitas 4 orang ( 70k/30menit ), naik kano kapasitas 2 orang ( 50k/30menit ).


Anda juga bisa bersantap di tempat makan yang unik, yakni menu yang dihidangkan di atas perahu yang terapung.


Biaya masuk tempat wisata ini 15k/hari biasa dan 20k/akhir pekan atau hari libur. Biaya parkir motor 5k dan mobil 10k. Karena letaknya di pusat kota floating market ini tidak sulit dijangkau.

Fasilitas yang disediakan seperti toilet, restoran, mushola, dan penginapan.
Buka mulai pukul 08.00-20.00.


4. Goa Pawon dan Stone Garden 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung goa Pawon merupakan Wisata alam atau tepat nya wisata stone yang sudah cukup populer.


Goa Pawon merupakan tempat wisata yang masih alami, hal ini terbukti dari banyaknya kelelawar penghuni goa dari pintu masuk sampai spot pertama yang tidak pernah di usik.


Begitu anda masuk lebih dalam goa anda akan disuguhi pemandangan ukiran alami dinding goa yang menakjubkan, di dalam goa juga terdapat tengkorak manusia purba yang di simpan pada pagar pembatas .


Untuk stone Garden terletak di atas goa dengan ketinggian 200 m. Disini anda akan menemukan berbagai bentuk pahatan alami dari berbagai jenis batuan. Stone Garden juga menjadi spot foto terbaik dengan background taman batu dan indahnya kota Padalarang dari ketinggian.


Terletak di desa gunung Masigit, Cipatat,  Padalarang, Jawa Barat.
Rutenya Jakarta> keluar tol Padalarang> Padalarang> Masigit.


Biaya masuk tempat wisata ini 10 k saja. Buka 24 jam, dan fasilitas sudah memadai seperti parkiran luas, toilet, mushola, dan tempat makan.


5. Bumi Perkemahan Ranca Upas.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung bumi perkemahan Ranca Upas merupakan kawasan hutan lindung dengan luas mencapai 200 ha. Udara di tempat ini masih segar dan alami, dan yang pasti jauh dari kebisingan yang cocok bagi anda yang sedang mencari tempat yang tenang.


Aktifitas yang dapat dilakukan Wisatawan di Ranca Upas di antaranya berkemah dengan kapasitas 10 ribu orang, memberi makan rusa di penangkaran alam bebas, menikmati pemandian air panas dengan fasilitas Waterboom, atau outbond fun game bagi putra-putri anda.


Berlokasi di jl raya Ciwidey, Patenggang km II rancabali, Ciwidey, Bandung. Tempat wisata ini buka 24 jam dengan biaya masuk 10.000 .


Fasilitas seperti toilet dan tempat makan tersedia di Ranca Upas. Rute yang dapat Anda tempuh dari kota Bandung:

Bandung>jl Selatan Bandung arah Soreang>Ciwidey>Ranca Upas.


6. Kawah Putih.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung kawah putih terletak di jl Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jabar.

Wisata kawah putih menjadi destinasi wisata alam paling diminati wisatawan. Udaranya yang sejuk dan pepohonan hijau yang kontras dengan kawah putih ini justru menjadikan pemandangan yang luar biasa indah dan sebagai spot Selfie yang cukup menarik.


Anda akan merasa relaks dengan kawah putih yang mendominasi tempat ini, merasa seperti di dalam awan putih yang menakjubkan. Dibuka pada pukul 07.00-15.00, biaya masuk cukup murah yakni sebesar 18k/domestik dan 50k/mancanegara.


Fasilitas cukup memadai mulai dari toilet, tempat makan dan penjual oleh-oleh juga disediakan di sekitar area Wisata. Biaya parkir untuk bis 25k, motor 3k dan mobil 6k.

Rute menuju kawah putih adalah: pintu tol kopo-soreang-ciwidey-kawah putih.


7. Situ Patenggang

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung situ Patenggang berlokasi di jl Ciwidey rancabali, desa patengan, kecamatan rancabali, Bandung Jawa barat.


Tempat wisata air ini menyajikan pemandangan yang masih asri dan alami. Pemandangan danau dengan airnya yang jernih dikelilingi hijaunya kebun teh sangat memukau dan menentramkan hati.


Aktivitas menarik di tempat ini yakni mengunjungi pulau kecil berbentuk hati dengan mendayung perahu yang bisa anda sewa dengan harga 15 k/ orang, atau bersepeda air dengan biaya sewa 40k/orang, dan pastikan anda mencari spot terbaik tempat ini sebagai background selfie anda.


Untuk fasilitas, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari toilet, warung makan, penjual oleh-oleh, mushola bahkan ada restoran anyar yang unik banget, yakni restoran dengan bentuk kapal besar yang menghadap langsung ke danau.


Tiket masuk:18k/orang. Biaya parkir:motor(5.000), mobil(10.000), dan bus(20.000).

Rute: Jakarta> Cipularang>keluar pintu tol Kopo>Soreang>Ciwidey>ikuti papan petunjuk arah.


8. Curug Dago

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Curug Dago berlokasi di hutan raya tepatnya di jl.ir. H.djuanda,  Bandung, Jawa barat.


Curug Dago menyimpan pesona air terjun yang menakjubkan, meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi namun sangat layak untuk destinasi favorit yang sebagai spot foto kekinian untuk memenuhi  medsos anda. Di sekitar Curug juga terdapat prasasti yang disakralkan oleh penduduk sekitar. Konon prasasti tersebut merupakan prasasti kerajaan Thailand.


Meskipun tempat wisata ini agak tersembunyi namun kini mulai ramai dibicarakan di media sosial dan Wisatawan mulai berdatangan. Wisatawan bisa menikmati tempat wisata ini dengan bermain air dan bersua foto dengan background pemandangan alam yang memukau.


Fasilitas tempat ini sudah sangat luas mulai dari toilet, mushola dan tempat makan.
Biaya masuk:15.000.
Buka mulai pukul 08.00-17.00.


9. Curug Orok. 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Curug orok terletak di Cikandang, Cikajang, Bandung, Jawa barat.

Curug orok merupakan tempat wisata baru dengan pemandangan alam hijau serta kemegahan air terjunnya juga sungai dibawahnya yang bisa digunakan wisatawan untuk bermain air dan berenang sepuasnya, udara dingin dan air jernih akan menjadi paket komplit dari acara anda bermain air di sungai bawah Curug orok ini.


Di tempat wisata ini , wisatawan juga dapat melihat monyet ekor panjang dan jajaran pohon Pinus yang menambah kesan alam asri yang sangat mengagumkan. Berbagai fasilitas seperti parkiran,warung makan dan toilet juga sudah tersedia disini.


Biaya masuk: 10.000.
Mulai dibuka pukul 08.00.


10. Tebing Keraton.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung tebing keraton terletak di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa barat.


Kepopuleran tempat wisata ini tidak lepas dari banyaknya postingan di media sosial dari wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini.Meskipun baru dibuka dalam beberapa waktu saja tebing keraton seolah menjadi magnet yang menyedot perhatian wisatawan untuk menikmati keindahan nya.


Berada pada ketinggian 200 m dibawah permukaan laut, wisatawan akan merasakan udara sejuk dan pemandangan hijau dari hamparan hutan dan perbukitan akan terlihat luas dan megah dari atas tebing.


Selain menikmati indahnya alam, wisatawan juga dapat menunggu momen matahari tenggelam atau juga matahari terbit jika Anda berani menembus hawa dingin di pagi hari.


Fasilitas seperti toilet, tempat makan dan penjual oleh-oleh sudah tersedia dan dalam proses perbaikan.


Rute menuju tebing keraton dari kota Bandung adalah : Bandung- Kawasan wisata Dago pakar- Tahura djuanda - Tebing keraton.
Biaya masuk : 11.000.
Biaya parkir : 5.000.


11. Tangkuban Perahu.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Tangkuban perahu terletak di gunung Tangkuban perahu, Sukajaya Lembang, Bandung barat, Jawa barat.


Tempat wisata ini tidak lepas dari dongeng masa kecil yakni Sangkuriang yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa terbentuknya gunung Tangkuban perahu memang seperti dalam cerita rakyat tersebut.


Memiliki beberapa kawah yang terkenal, gunung Tangkuban perahu menjadi tujuan wisata yang sangat dinikmati para pecinta alam bebas. Kawah yang terkenal di tempat wisata alam ini yakni kawah ratu, kawah upas dan kawah domas. Fasilitas seperti mushola, toilet, penjual makanan dan oleh-oleh sudah banyak tersedia disini.


Rute : Jakarta> keluar pintu tol Padalarang menuju Cimahi> jl. Kolonel Masturi> pertigaan jalan raya Lembang belok kiri> Tangkuban perahu.
Tiket masuk : 13.000 ( domestik ), 50.000 ( mancanegara ).
Biaya parkir : motor (5.000), mobil (10.000) , bus ( 20.000 ).


12. Curug Malela.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Curug Malela terletak di Cicadas, rongga, Gununghalu, Bandung barat.


Air terjun yang disebut-sebut sebagai Niagara mini ini terlihat seperti lukisan, namun nyata.
Memiliki 5 aliran air yang terjun bebas dari atas tebing dengan ketinggian 69 meter membuat Niagara mini ini begitu mempesona.


Pemandangan disekitar yang masih asri serta Tebing disekitar yang kokoh dan megah membuat Curug Malela disebut- sebut sebagai air terjun paling indah di Jawa barat.


Tidak heran bila wisatawan terus berdatangan untuk melihat langsung pesona alam Curug Malela ini dan mengabadikannya dengan berfoto sebagai kenangan tak terlupakan. Aktifitas lainya seperti bermain air menjadi pilihan utama para wisatawan,namun anda harus berhati - hati jika sewaktu-waktu air menjadi deras.


Biaya masuk : 10.000.
Biaya ojek dari tempat parkir : 50.000 pulang pergi.
Rute : Cimahi- Batujajar- Cihampelas- Cililin- Sindangkerta- Gununghalu- Bunijaya- Curug Malela.


13. Curug Jagapati

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Curug jagapati berlokasi di kampung Padarame, desa Neglasari, Cisompet, Garut, Jawa barat.


Curug jagapati memiliki pemandangan hutan dan tebing yang megah. Air terjunnya memiliki 3 tingkatan sebelum benar-benar jatuh ke sungai. Memiliki air yang jernih dan pemandangan sekitar yang memukau, Curug jagapati mulai diminati wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


Aktifitas air masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Dari tempat memarkir kendaraan, wisatawan akan berjalan kaki pada Medan setapak dan melewati hutan, Padang ilalang, dan sungai dengan jarak waktu 45 menit.


Fasilitas seperti warung makan, toilet sudah tersedia  dan masih terus diupayakan untuk perbaikan.
Rute : Bandung- Cikajang- Pameungpeuk- kebun teh Neglasari- Cisompet- Curug jagapati.


14. Situ Cileunca.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung situ Cileunca terletak di desa Wanasari, kec. Pangalengan, Bandung, Jawa barat.

Dengan luas 180 ha, situ Cileunca memiliki pesona alam yang akan menyegarkan pandangan wisatawan. Danau ini konon merupakan danau buatan. Airnya yang jernih dan pemandangan sekitar danau yang masih sangat asri  membuat suasana tenang dan membuat tempat ini mendapat julukan Swiss nya Indonesia.


Banyak pengunjung yang datang hanya untuk melepas penat, bersantai menikmati pemandangan alam dan berbagai aktivitas yang tersedia seperti, outbond atau menyusuri jembatan cinta atau memetik strawberry.


Fasilitas tempat wisata ini sudah sangat lengkap mulai dari mushola, toilet, rumah makan sampai penginapan .

Biaya masuk : 5.000 pada hari biasa dan 10.000 saat Weekend atau hari libur.
Rute: Bandung> Soreang> Banjaran> Dangdeur> situ leunca.


15. Paris Van Java.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Paris Van Java terletak di jl. Sukajadi no 131-139, Cipedes, Sukajadi, Bandung, Jawa barat.


Paris Van Java merupakan tempat wisata yang digandrungi dari berbagai kalangan dan usia. Menawarkan konsep wisata belanja, makan, dan edukasi tempat ini menjadi magnet seluruh warga Bandung dan sekitarnya.


Di Paris Van Java wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas​ seperti berbelanja barang-barang import dan buatan negeri sendiri, wisata kuliner, dan mengajak anak-anak anda berwisata edukasi di tempat yang telah disediakan.


Meskipun mall, Paris Van Java ini berbeda dari mall kebanyakan, pasalnya mall yang satu ini selain megah juga ada wahana alam yang sengaja di bangun guna memberikan sensasi belanja di alam terbuka hijau bagi para wisatawan.


Wahana alam bebas yang terdapat di mall ini yakni perkebunan, sawah mini, pemerahan susu sapi, kebun anggrek, taman kupu2, kebun bunga, sampai toiletnya juga bernuansa alam. Keren kan?


Buka pada pukul 10.00-22.00.
Tiket masuk : 30.000.
Rute: Bandung- jl layang Pasteur- PVJ.


16. Kampung Naga Garut.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung kampung naga Garut berlokasi di kampung Naga, desa Neglasari, kec. Salawu, kab. Tasikmalaya, Bandung, Jawa barat.


Kampung naga sebenarnya bukanlah tempat wisata, hal ini karena penduduk setempat menolak jika kampung yang masih alami dengan adat istiadat yang masih terjaga ini terlalu di ekspose oleh masyarakat luar.


Kampung naga mulai di populerkan karena budaya dan adat istiadat yang masih dijaga oleh penduduknya, bahkan kampung ini tidak menggunakan listrik sebagai penerangan malam para penduduk.


Pesona kampung ini yakni persawahan yang berada di lembah yang dingin,suasana yang sangat alami, bersih dan jauh dari kebisingan barang-barang elektronik maupun otomotif.


Ciri khas lain yang dapat Anda jumpai yakni semua rumah penduduk berbilik bambu dan berbentuk panggung, serta semua rumah harus menghadap ke Utara atau ke selatan.


Jika anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya reservasi dahulu dan di dampingi guide yang merupakan penduduk setempat.


17. Kampung Dukuh.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung kampung dukuh terletak di desa Ciroyom, Cikelet, Garut, Jawa barat.

Kampung dukuh juga sama halnya dengan kampung naga yang semua penduduknya masih menjaga kearifan budaya dan juga adat istiadat nya. Mata pencaharian penduduk kampung dukuh adalah petani. Desa ini tidak ada penerangan listrik dan alat elektronik jenis apapun.


Semua penduduk beragama muslim dan memiliki sebuah mushola yang juga terbuat dari bahan alami seperti kayu dan bambu. Yang lebih unik adalah semua warga disini biasanya menggunakan pakaian serba hitam dalam keseharian nya.


Suasana tentram akan membuat kita nyaman bila berkunjung ke desa ini, apalagi jika anda beruntung datang di waktu yang tepat anda akan menjumpai berbagai kesenian lokal yang sudah jarang ditemui di tempat lain seperti jaroh, cebor opat puluh, moros, manuja, tilu waktos, nyangga keun, dan ritual ngahaturang tucing.


Rute: Bandung- Garut- Cikelet- Kampung Dukuh.


18. Naik Bandros Keliling Bandung.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung naik Bandros ini merupakan hal sedang digemari oleh masyarakat sekitar ataupun luar Bandung. Bandros sendiri merupakan bis bertingkat dengan design yang futuristik yang nyentrik dengan bak terbuka di bagian atas.


Di banderol dengan harga 10.000 anda bisa berkeliling kota dengan durasi waktu 30-45 menit, dengan rute halte taman pustaka bunga> jl. Supratman> jl. Diponegoro> Gedung sate> Sulanjana> jl. Ir H Djuanda> Ganesha> Tamansari> Ir H Djuanda > Diponegoro> Cilamaya> Ciliwung> kembali ke halte.

Fasilitas yang disediakan dalam Bandros yakni WiFi dan tutor yang akan memandu wisata anda.


19. Kampung Gajah.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung kampung gajah merupakan tempat berlibur keluarga yang menyenangkan.
Berlokasi di jl. Sersan Bajuri km 3,8, Cihideung, Parompong, Lembang, Bandung.


Kampung gajah merupakan tempat wisata alam bebas dengan fasilitas yang tak terbatas mulai dari wahana permainan anak seperti motogolf, ky ridder, mini buggy, dll. Terdapat juga Waterboom, atraksi formula cart, 4d ridder, dan horse riding. Anda juga bisa bersantap di restoran yang berjajar di sekitar tempat wisata.


Tiket masuk: 25.000.
Biaya parkir : motor (5k ), mobil (10k), bus (20k).
Jam buka : 09.00.


20. Farm House.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung farm house berlokasi di jl. Raya Lembang no 108, Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung barat.


Farm house merupakan tempat wisata alam dan edukasi, mengambil konsep alam Eropa.
Anda dapat mengunjungi tempat wisata murah meriah ini dengan buah hati anda untuk memperkenalkan alam dengan masuk langsung pada perkebunan dan peternakan modern di farm house.


Selain perkebunan dan peternakan, hal lain yang tak kalah menarik dari farm house ini adalah bunga warna-warni yang tumbuh cantik, gaya bangunan tempat beristirahat yang Eropa sekali, kebun binatang mini, berwisata kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas Lembang.


Tiket masuk : 20.000 per orang dan dapat ditukar dengan dosis bakar yang nikmat serta sebotol susu segar. Bisa dibilang masuk ke tempat ini gratis ya...
Buka : 08.00-21.00.


21. Dusun Bambu

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung dusun bambu family leisure park lembang terletak di jl. Kolonel Masturi km II, Situ Lembang, Cisarua, Bandung barat.


Dusun bambu merupakan salah satu wisata alam yang lengkap dengan berbagai fasilitas seperti restaurant berkonsep sarang burung. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan danau yang dikelilingi perbukitan hijau yang menentramkan.


Di tempat wisata ini Anda juga dapat mengajak si kecil bermain di area yang telah disediakan, kegiatan seperti berbelanja ataupun menginap pada villa di sekitar danau juga menjadi incaran para wisatawan.


Jika anda memiliki hobi atau rutinitas berolahraga, maka tempat ini menyediakan track untuk joging maupun Bersepeda.


Buka pada pukul : 08.00-21.00.
Tiket masuk : 15.000/ orang.
Rute : Tol Pasteur> Ledeng> Lembang> jl. Kol Masturi.


22. Maribaya H0t Spring Resort.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Maribaya h0t spring resort berlokasi di jl. Meribaya 105-212, Lembang, Bandung, Jawa barat.


Tempat wisata yang hanya buka pada hari jumat-minggu ini menawarkan wisata air hangat. Wisatawan dapat menikmati hangatnya air panas dengan berendam pada kolam yang tersedia.
Di tepian kolam pemandangan menakjubkan akan anda peroleh sembari   berelaksasi di dalam kolam air hangat.


Untuk tarif kolam air panas sebesar 30.000 untuk foot spa, 75.000 untuk deluxe pool, dan 150.000 untuk vip pool.


Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini sangat lengkap dan beragam seperti, food court, kolam tangkap ikan telaga giri, kolam ikan air dingin, kolam rendam air panas, kios sayur dan buah, wahana anak, toilet, mushola dan tempat parkir yang luas.


Jam buka : 08.00-20.00.
Tiket​ masuk : 35.000/ orang.
Rute : Bandung- jl.ir Djuanda- Dago giri- Cikidang- Lembang- Maribaya hot spring resort.


23. Kampung Daun.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung kampung daun merupakan tempat wisata kuliner yang tidak biasa.
Tempat yang di design sangat alami, tenang, dan romantis. Berlokasi di jl. Sersan Bajuri km 4,7 no 88, RRI Bandung, Jawa barat.


Meskipun tempat ini di design sangat sederhana dan Tradisional bahkan dari segi tempat yang terkesan klasik sangat kental disini, namun berbagai menu dari berbagai daerah juga tersedia seperti western food, Chinese food dan makanan Nusantara tentunya. Hal ini yang membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.


Harga yang ditawarkan mulai 8.000-115.000.
Ada juga oleh-oleh yang bisa anda beli seperti permainan tempo dulu dan jajanan tradisional.

Rute : Bandung> Subang> terminal ledeng belok kiri> jl. Sersan Bajuri > kampung daun.


24. Taman Begonia.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung taman begonia merupakan sebuah wisata dengan konsep taman yang sejuk. Berbagai jenis bunga memenuhi taman ini, tentu saja hal ini menjadi daya tarik utama para wisatawan. Bunga-bunga tersebut diantaranya bunga celosia, melampondium, salvia, geranium, impatiens dan masih banyak lagi.


Kegiatan menarik tempat ini yakni wisatawan bisa memetik buah dan sayur serta bunga, lengkap dengan edukasi pemeliharaan berbagai tanaman tersebut dan membawanya pulang dengan harga kisaran 20.000 saja.


Wahana outbond juga tersedia di tempat ini, jadi baik anda berlibur sendiri, berdua atau sekeluarga dengan buah hati tempat ini memiliki berbagai wahana yang lengkap.


Berlokasi di jl. Maribaya no 120A, Lembang , Bandung, Jawa barat. Fasilitas seperti toilet, rumah makan, toko oleh-oleh, dan tempat parkir yang luas telah tersedia di tempat wisata ini.


Jam buka : 08.00-18.00.
Tiket masuk : 10.000.
Rute : jl. Setyabudi - Lembang kota - jl. Maribaya/ Dago - Lawang wangi - Taman begonia.


25. De Wisdom.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung De wisdom terletak di Rancabago, Tarogong Kaler, Garut, Jawa barat.

De wisdom merupakan wisata unik berupa atraksi adu domba yang membuat para wisatawan berdebar. Pertunjukan unik ini justru membuat para wisatawan baik domestik maupun mancanegara terus berdatangan karena rasa penasaran.


De wisdom juga memiliki pertunjukan seni dan aneka permainan musik tradisional yang dipentaskan sebelum adu domba dimulai. Wahana anak seperti labirin kelinci dan  danau yang sejuk juga menjadi daya tarik lain bagi pengunjung.


Fasilitas mulai dari toilet, mushola, tempat makan telah tersedia. Penginapan juga banyak disewakan di sekitar de wisdom. Tiket masuk : 5.000 ( free mineral watter ) Jam buka : 08.00-22.00.


26. Bukit Bintang Bandung.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung bukit bintang berlokasi di Bukit pakar timur, Coblong, Bandung, Jawa barat.

Bukit bintang menawarkan wisata alam dengan pandangan luas dari atas bukit. Pohon pinus yang tumbuh subur menjadi keindahan lain dari tempat ini. Selain menikmati sejuknya hutan Pinus yang tertata rapi dan bersih, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sunset yang menakjubkan bila senja mulai datang.


Dan sebagai primadona adalah saat malam datang,  kemerlip lampu warga sekitar yang seperti bintang jika dilihat dari ketinggian. Itulah mengapa Tempat wisata ini akrab dengan nama bukit bintang.


Fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan juga penjual makanan telah tersedia di tempat ini.
Bukit bintang juga menyediakan area untuk camping.

Tiket masuk : 15.000.
Rute : jl. Padasuka- Cicaheum- bukit bintang.


27. Saung Angklung Udjo.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung saung angklung Udjo terletak di jl. Padasuka no 118, Bandung. Merupakan wisata edukasi yang sudah melegenda dan sayang jika anda lewatkan.


Selain permainan angklung, pertunjukan kesenian lain juga ada di saung angklung milik mang Udjo yang kini dikelola ahli waris ini, diantaranya : wayang golek, tari topeng, helaran,


Fasilitas seperti toilet, toko suvenir, saung tempat bersantai sambil menikmati makanan khas Sunda, tempat parkir yang luas, dapur pembuatan angklung dan sentra penyuluh kehutanan telah tersedia di tempat wisata ini.


Tiket masuk: 60.000 ( domestik ), 100.000 ( mancanegara ). Jam pertunjukan : 15.30 - 17.30.
Rute : Jakarta - keluar tol Pasteur- fly over Surapati- jl. PH Hasan Mustafa - saung angklung Udjo.


28. Warung Daweung.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung warung daweung berlokasi di jl. Terusan Padasuka no 43, Cimenyan, Bandung, Jawa barat. Warung daweung merupakan perpaduan wisata kuliner dan wisata alam di atas ketinggian 1.400 diatas permukaan air laut.


Wisatawan yang datang biasa berburu sunset atau sekedar ingin melihat pemandangan kota Bandung dari ketinggian.


Tersedia tempat duduk di luar warung yang menjadi favorit wisatawan bila cuaca sedang baik.
Dengan voucher 25.000 yang bisa anda tukar dengan makanan, anda akan mendapatkan sensasi liburan yang berbeda.


29. Situs Karangkamulyan.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung situs Karangkamulyan  berlokasi di jl. Nasional III, Karangkamulyan, Cijeungjing, Ciamis, Jawa barat.


Situs Karangkamulyan merupakan tempat wisata budaya yang konon merupakan peninggalan kerajaan Galuh. Konon situs ini merupakan pusara suci kerajaan di abad IX.


Jika sudah menginjak situs ini, suasana damai dan sejuk serta nyaman dan damai akan anda rasakan.
Hal ini karena banyaknya pohon yang tumbuh lebat di area situs, sehingga tempat ini terkesan dijauhi matahari...


Benda-benda bersejarah di situs ini di antaranya Pelinggih , Sanghyang bedil , renyambung ayam, batu berhiaskan pahatan bergaya Hindhu, patu panyandaran, sumur cikahuripan.


Fasilitas berupa warung makan, toilet, dan mushola tersedia di tempat wisata ini.

Tiket masuk : 5.000.
Rute : jl. Nasional Ciamis - Banjar - Pangandaran - situs Karangkamulyan.
Jam buka : 07.00-17.00.


30. Indo Wisata Permata.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung indo wisata permata terletak di komplek Citra Green Dago blok N-1-10, jl. Citra green, Cidadap, Ciumbuleuit, Bandung, kota Bandung, Jawa barat.


Indo wisata permata merupakan wisata edukasi tentang berlian yang ada pertama di Bandung bahkan di Indonesia. Tempat wisata yang banyak dikunjungi kaum hawa ini menyajikan suguhan wisata menarik dan bikin mata berbinar-binar​.

Bagaimana tidak, anda akan melihat secara langsung proses pembuatan berlian, melihat berbagai jenis berlian, dan membawanya pulang ( bayar ya... ).


Tiket masuk : 50.000. Jam buka : 09.00-17.00.
Rute : Bandung- terminal Dago belok kiri - kompleks Citra Green.


31. Sendang Geulis Kahuripan.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung sendang geulis Kahuripan terletak di kec.Cikahong wetan, Bandung barat, Jawa barat. Sendang geulis Kahuripan merupakan wisata air dengan pemandangan alam di sekitar yang menakjubkan. Airnya yang biru bak kolam renang akan membuat wisatawan betah berlama-lama bermain air di sini.


Penduduk setempat juga percaya bahwa air di sendang ini bisa bikin awet muda. Jadi anda mau coba?
Itung-itung perawatan alami guys...


Fasilitas seperti toilet, dan warung makan sudah tersedia di tempat ini.
Buka di jam 08.00 - 17.00 anda cukup membayar 10.000 saja untuk masuk ke tempat wisata ini.


Rute :  Jakarta- keluar pintu tol Cikamuning- jl. Raya Cikalong - 3 km kemudian masuk gaapura bentuk nanas pada ujungnya - sendang geulis kahuripan.


32. Sanghyang Heuleut.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Sanghyang heuleut terletak di Cipatat, Bandung barat, Jawa barat.

Tempat wisata ini merupakan wisata air danau purba yang menakjubkan dengan pemandangan batuan dan tebing yang membentuk pahatan indah . Sahyang heuleut merupakan tempat suci bagi masyarakat sekitar, jadi wisatawan di harapkan tidak berbuat yang melanggar aturan ditempat ini.


Wisawatan bisa menyusuri sendang bersama guide dengan biaya 50.000.
Anda akan di ajak susur sendang dan menjelajahi lebih jauh dari sekedar bermain air.


Tiket masuk : 10.000. Jam buka : 08.00 - 16.00.
Rute : Bandung - Cianjur - gerbang waduk Saguling - Sanghyang heuleut.


33. Memetik Strawberry 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung memetik strawberry berlokasi di jl . Tangkuban perahu 109, Ciberial , Lembang, Bandung.


Memetik strawberry merupakan wisata alam edukasi yang cocok untuk anak-anak anda.
Pemandangan sawah dan hamparan kebun teh akan terlihat menakjubkan dari tempat ini.


Memetik strawberry dan membawanya pulang dengan membayar 35 - 45/ kg, akan membuat liburan putra-putri anda jauh lebih menyenangkan.

Tiket masuk : free.
Rute : Jakarta - tol Cipularang - keluar tol buah batu - Soreang - Ciwidey. Jam buka : 09.00-19.00.


34. Ciwalk.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung ciwalk berlokasi di jl. Cihampelas no 160, Bandung, Jawa barat.

Cihampelas walk atau lebih dikenal dengan ciwalk merupakan sebuah mall dengan gaya modern dan merupakan satu-satunya mall dengan luas 3 ha yang berkonsep indoor dan outdoor.


Wisata belanja, wisata kuliner, dan berjalan jalan berkeliling mall menjadi daya tarik utama para wisatawan. Ada perbedaan jika anda berjalan-jalan di siang,sore,atau malam hari, karena lampu penerang akan ditata sedemikian rupa, tergantung saat mana anda berjalan-jalan.


Mall ini juga menjadi satu tempat dengan Sensa hotel yang terkenal megah dan eksklusif. Buka dari jam 10.00-10.00 mall ini selalu ramai pengunjung.


35. Upside Down World Bandung. 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Upside down world Bandung berlokasi di jl. H Wasid no 31, Lebakgede, Coblong, Bandung, Jabar.


Upside down world Bandung merupakan tempat wisata yang menawarkan wisata yang berbeda, yakni berfoto dengan background sebuah ruangan yang terbalik atau orang Bandung bilang ngajungkir. Bertemakan sebuah rumah, tempat wisata ini memiliki 10 spot foto seperti ruang tamu, dapur, ruang tidur dan lainnya.


Fasilitas seperti layanan cetak foto, kantin dan sentra souvernir tersedia di tempat ini. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 100k untuk dewasa dan 50k untuk anak-anak sebagai biaya masuk.

Dibuka dari pukul 10.00-20.00 / weekday dan 11.00-21.00 / weekend.


36. Musium Art World.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Art World berlokasi di jl. Setyabudi no 293, Sukasari, Bandung, Jawa barat. Musium Art World merupakan wisata berfoto dengan konsep 3d yang membuat hasil foto tampak nyata.


Tempat wisata dengan luas 15.500 m persegi ini digadang - gadang menjadi musium Art World terbesar di Bandung, di Indonesia  bahkan di dunia. Memiliki 15 zona dan 150 foto spot tempat ini menawarkan wisata yang berbeda bagi wisatawan.

Tiket masuk : 130k ( dewasa ) dan 100k ( anak-anak ).
Jam operasional :09.00-21.00.


37. Air Panas Ciater

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Air panas Ciater berlokasi di jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Subang, Jawa barat.

Merupakan tempat wisata pemandian air panas yang cukup nyaman dan tenang, tempat wisata ini juga semakin diminati karena tata letak dan view sekitar kolam yang di buat sangat indah, bersih, dan rapi.


Biaya untuk berendam di kolam sederhana mulai 25k-55k. Sedangkan di kolam utama anda dikenakan biaya sebesar 80 k. Tempat ini dibuka 24 jam.


38. Ciwidey Valley.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung Ciwidey valley terletak di jl. Raya Batununggul, Ciwidey, Bandung, Jawa barat.

Ciwidey valley h0t spring waterpark resort merupakan area pemandian air panas yang menawarkan tempat wisata air panas dengan konsep waterpark resort. Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Memiliki tempat yang cukup luas dan nyaman untuk membawa serta buah hati.


Biaya masuk Ciwidey valley: 15.000 Biaya masuk area pemandian air panas sebesar 50.000. Buka dari pukul 08.00-17.00 dan 24 jam untuk tamu Resort.


39. Lodge Maribaya.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung lodge Maribaya berlokasi di jl. Maribaya, Lembang, Bandung, Jawa barat.

Merupakan tempat wisata alam yang sangat memukau, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam dari ketinggian yang membuat pandangan menjadi semakin luas.


Wisatawan akan melihat dan menikmati sejuknya tempat ini dari atas pohon dengan papan yang telah disediakan. Jangan khawatir soal keamanan, papan pada pohon ini dirancang kokoh dan yang paling penting adalah Instagram able.


Selain itu wisatawan juga bisa menikmati permainan sky bike, sky swing dan sky tree. Biaya masuk ke lodge Maribaya 15.000 ( weekday ), 25.000 ( weekend ) dan 35.000 ( hari libur nasional ). Buka dari pukul 09.00- 17.00.


40. Grand Canyon Mini.

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung grand canyon mini atau Leuwi jurig terletak di desa Bojong, Bungbulang, Garut, Jawa barat. Berwisata ke Leuwi jurig ini akan sangat memberi kesan mengagumkan, pasalnya wisata air dengan warna air yang biru dan dikelilingi tebing yang kokoh dengan ukiran alami yang mempesona.


Anda akan merasakan sejuknya aliran air dengan panjang 500 m dan kedalaman yang tak seberapa jadi sangat aman bagi anda yang ingin berenang. Biaya masuk ke tempat ini gratis , anda cukup membayar biaya parkir sebesar 2.000 saja.


41. Trans Studio Bandung

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung trans studio Bandung terletak di  jl . Gatot Subroto no 289, Bandung, Jawa barat. Merupakan tempat wisata dengan wahana permainan super lengkap dan terbesar di Indonesia.


Dengan luas 4,2 ha, trans studio Bandung memberikan fasilitas super lengkap mulai dari wahana permainan terlengkap di Indonesia, wisata belanja, kuliner, dan penginapan berupa hotel super mewah. Dibuka dari jam 09.00-21.00 dan anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 80- 280k.


42. Gunung Hawu

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung gunung Hawu terletak di kampung pamucatan, desa Padalarang, Padalarang, Bandung, Jawa barat.


Wisata alam di gunung Hawu menyajikan pemandangan batu kapur yang megah dan menantang. Aktifitas yang dapat dilakukan wisatawan adalah panjat tebing, Hammock kan, camping, dan berselfie dengan pemandangan dari atas gunung yang semakin. Mengagumkan.

Buka dari pukul 08.00-18.00.


43. Bosscha Observasi

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Terletak di pusat di Bandung, Jawa barat tempat wisata ini menawarkan wisata edukasi tentang tata surya.


Pengunjung akan melihat secara langsung dengan menggunakan teropong semua jajaran tata surya mulai dari bintang, bulan, planet dan galaksi lainya. Dengan 2 kali jam operasional , yaitu siang pada pukul 09.00- 15.00 dengan biaya 15.000 / orang. Sedangkan malam mulai pukul 17.00-20.00 dengan biaya 20.000 / orang.


Dengan luas area 6 ha, tempat ini menyuguhkan pertunjukan tata Surya termegah di Indonesia bahkan Asia. Biaya masuk ; 25.000/ orang


44. Taman Bunga Nusantara

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Wisata Bandung taman bunga Nusantara berlokasi di jl. Mari Wati km 7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur, Jawa barat.


Merupakan taman bunga dengan penataan yang rapi dan megah. Taman bunga ini digadang gadang mirip taman bunga di Jepang dan Perancis. Berbagai bunga terpelihara dan tertata rapi sehingga menampilkan kesan alami yang indah seperti taman mawar, celosia juga ada taman labirin atau taman rahasia.


Dengan luas 2000 m2, taman ini mampu menampung semua jenis bunga dan terlihat bagaikan padang bunga yang menakjubkan. Anda akan dikenakan biaya 40.000 untuk tiket masuk .


45. Taman Safari 

45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya

Taman safari terletak di Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa barat. Merupakan taman safari yang cukup populer dengan pengunjung yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.


Taman safari di Bogor ini memiliki 2.500 jenis satwa lebih, sehingga wisatawan bisa berkeliling taman safari ini dengan banyak satwa yang bisa dilihat. Menaiki gajah adalah salah satu fasilitas paling diminati. Anda juga bisa menjajal berbagai permainan yang tersedia.


Harga tiket masuk : dewasa / anak-anak ( 150.000/ 140.000 )
Buka di jam 07.00-19.00.

Nah itulah tadi ulasan kami mengenai tempat wisata anak bandung kota yang murah. Nah kapan giliran anda berwisata dan berpiknik ke Bandung. Selalu jaga tempat wisata ya. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "45 Tempat Wisata di Bandung Yang Wajib Anda Kunjungi dan Fotonya"

Post a Comment