Rute dan Lokasi Goa Ngingrong Mulo Gunungkidul

 

Rute dan Lokasi Goa Ngingrong Mulo Gunungkidul


Berwisata alam merupakan daya tarik Wisatawan dalam beberapa tahun terakhir.
Selain merelaksasi pikiran karena kejenuhan aktivitas pekerjaan ternyata berwisata alam juga akan mengurangi tingkat stres.


Yogyakarta, khususnya di kabupaten Gunungkidul adalah surganya wisata alam untuk wisatawan, tidak heran gunungkidul disebut sebut sebagai Bali kedua, karena gunungkidul menyimpan pesona menakjubkan mulai dari pantai, gunung api purba, serta wisata goa.


Kali ini gunungkidulku.com akan membahas salah satu wisata goa terbaik di Gunungkidul.
Gua Ngingrong namanya, disebut-sebut sebagai wisata alam terdahsyat dengan berbagai keunggulan seperti memiliki sungai bawah tanah yang konon tembus sampai laut selatan.


Lalu bagaimana untuk bisa sampai di goa ngingrong dan panorama apa saja yang akan di dapat wisatawan, gunungkidulku.com akan memberikan informasi yang lengkap dan sebenar benarnya untuk anda.


Baca Juga :  Rute dan Lokasi Menuju Pantai Kukup Kemadang Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta


Lokasi Goa Ngingrong


Goa ngingrong terletak di jl Baron km 6, mulo, Wonosari.
Tepatnya persis di sebelah jalan raya arah Pantai Indrayanti dan sekitarnya, jadi tidak akan susah ditemukan.


Rute Menuju Goa Ngingrong Wonosari Gunungkidul





Berikut rute yang dapat Anda tempuh dengan kendaraan pribadi dari arah Jogja.

Yogyakarta > bukit bintang Pathuk > Sambipitu > tahura > Lanud TNI AU gading > Siyono ambil arah kanan > perempatan galri ambil kanan > jalan Baron sampai di pertigaan mulo lihat papan nama dan ambil arah ke kiri >300 m kemudian anda akan menemukan lokasi wisata Goa Ngingrong.


Bagi wisatawan dari arah Jogja yang menggunakan kendaraan umum bisa langsung turun di perempatan galri dan tunggu angkutan dengan arah Tepus atau bisa naik gojek  maka anda akan di antar langsung sampai di goa ngingrong.


Pesona Wisata Goa Ngingrong


Jika wisatawan menginjakan kaki di area ngingrong, maka yang terlihat adalah lembah karst dengan jur4ng yang cukup cur4m. Namun pemandangan dari atas jurang ini begitu memukau, bagaimana tidak anda akan disuguhi pemandangan lembah dengan batu yang berjajar rapi, karena daerah sekitar merupakan lahan pertanian milik penduduk setempat yang ditata sedemikian rapi sehingga menambah indahnya pemandangan sekitar goa ngingrong.


Sejauh mata memandang, wisatawan juga akan disuguhi pemandangan bukit bukit dengan hutan jati sebagai tanaman utama.



Untuk menuju ke arah goa, wisatawan harus menuruni lembah dengan kedalaman sekitar 100 meter, dengan menapaki jalan setapak yang lumayan terj4l dan dipenuhi tanaman kapas wisatawan harus mempersiapkan tenaga ekstra dan kemauan yang kuat.


Baca Juga :  Tradisi Budaya Kirim Ndowo Gunungkidul


Pada ketinggian tebing juga terdapat Fenomena lafadz Allah juga batu yang mirip dengan orang sedang solat.

Goa ngingrong sendiri memiliki 2 mulut goa yakni di sisi timur dan barat dimana yang sebelah timur terdapat air terjun dalam goa dan sungai bawah tanah yang konon bermuara sampai ke laut kidul.


Sumber air bawah tanah ini juga merupakan sumber kehidupan masyarakat sekitar karena airnya yang melimpah dan tidak pernah kering.


Jika sudah sampai di mulut goa suasana teduh dan menyegarkan akan anda rasakan, ketentraman ini yang tidak bisa anda dapatkan di daerah lain.


Jalan menuju dalam goa cukup terj4l dari mulut goa anda harus menuruni jalan yang dibuat dari batu kapur yang masih sulit dilalui.

Begitu anda masuk anda akan disuguhi pemandangan stalaktit dan stalakmit serta batuan cadas lainnya dengan tetesan air yang membuat suasana semakin dingin.


Aktifitas di Goa Ngingrong


Ada beberapa aktifitas yang bisa anda coba di goa ngingrong, diantaranya 


~Susur Sungai bawah tanah yang di dalam goa cavetubing. (wisatawan akan berkeliling sungai bawah tanah sepanjang goa dengan rute yang telah ditentukan pemandu)


~Rappeling

Wisatawan akan menuruni Luweng yang oleh masyarakat disebut luweng dandang, yang merupakan aktifitas paling menantang dari semua aktivitas di goa ngingrong, pasalnya proses turun Luweng sendiri akan menggunakan tali, tapi anda tidak akan kecewa dengan panorama di dalamnya.

Anda akan melihat cahaya matahari dari celah lubang Luweng yang kata orang seperti cahaya dari surga


~Rock Climbing


Dari dasar jur4ng lembah karst anda akan memanjat tebing tinggi seratus meter, yang tentunya akan melatih kekuatan tangan dan kaki anda, tidak ketinggalan nyali anda.


Aktivitas di atas tentunya adalah aktifitas yang sangat mengandung ri5iko, jadi dibutuhkan tenaga yang kuat dan stamina prima, wisatawan tidak perlu khawatir soal keamanannya, pasalnya pemandu sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan seperti keamanan dan kenyamanan pengunjung dengan sebaik mungkin.

Biaya yang dipatok untuk pemandu sekitar 50-300 ribu untuk ketiga aktivitas tersebut. Tergantung dari kesulitan dan juga peralatan yang akan digunakan.


Baca Juga :  Rute Menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul 

Aktifitas lain yang lebih ringan juga bisa anda lakukan di ngingrong,diantaranya


~Flying Fox

Rasakan sens4si terbang meluncur pada seutas tali diatas jur4ng 100m dengan panjang tali 150meter, anda bisa bergaya dan berteriak se ekspresif yang anda inginkan.


~Outbond  

Wisatawan juga akan menikmati wahana outbond yang berada di pinggiran lembah.


~Camping



Jika anda ingin menikmati suasana malam yang dingin, sunyi dan damai coba saja untuk camping di area ngingrong, maka saat pagi datang anda akan disuguhi panorama kabut lembah yang memukau disusul munculnya matahari.
 
Fasilitas di Goa Ngingrong



Anda tidak perlu risau soal fasilitas, tempat wisata goa ngingrong terus berinovasi memberikan fasilitas lengkap untuk para pengunjung mulai dari mushola, kamar mandi, tempat parkir yang luas, sampai warung yang menawarkan menu seperti mie ayam dan bakso, es cendol dan kelapa muda juga aneka makanan lain seperti belalang goreng yang merupakan makanan khas Gunungkidul.


Tiket Masuk

Sejauh ini wisatawan belum dikenakan biaya masuk, anda hanya perlu membayar parkir saja.

 
Penginapan Terdekat


Jika anda berniat bermalam di daerah Wonosari, hotel Orchid dan cykha raya adalah hotel terdekat dari goa ngingrong.


Demikian ulasan tentang goa ngingrong, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba berwisata alam penuh keindahan dan tantangan di goa ngingrong, dan jangan lupa pula untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam, karena goa adalah tempat yang unik dan hanya terbentuk satu kali saja serta segala kerusakan tidak akan bisa diperbaiki selamanya.

Related Posts:

0 Response to "Rute dan Lokasi Goa Ngingrong Mulo Gunungkidul"

Post a Comment