Walang goreng, oleh-oleh khas gunungkidul




Walang goreng, oleh-oleh khas Gunungkidul

Gunungkidul memang terkenal akan destinasi wisatanya, Gunungkidul juga kaya akan budaya. Gunungkidul juga kaya akan makanan ekstrim, seperti makanan yang satu ini walang atau dalam bahasa Indonesianya belalang.

Belalang ini sebenarnya momok musuh utama bagi para petani karena merusak tanaman terutama padi namun di tangan warga Gunungkidul walang ini di sulap menjadi yang luar biasa lezatnya, makanan yang banyak di gemari di banyak kalangan masyarakat karena citarasanya, banyak di kalangan pedagang dengan mengemas walang goreng ini dengan aneka rasa, pedas, manis, gurih.

Ketika Anda berwisata ke gunungkidul Anda patut mencoba walang goreng ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menyediakan walang goreng, selain di toko-toko Anda juga bisa membelinya di pinggir jalan dan bisa Anda jumpai di sepanjang jalan Baron maupun jalan Semanu. Di sana tidak hanya belalang yang sudah siap makan yang di jual namun juga belalang yang masih hidup. Belalang ada beberapa jenis namun kebanyakan yang di jual hanyalah walang kayu orang Gunungkidul menyebutnya.

Belalang memang rasanya sungguh luar biasa ketika menggoyang lidah kita bisa di makan sebagai camilan bisa juga untuk lauk Pauk, banyak orang mengatakan bahwa belalang ini rasanya sebanding dengan udang. Namun ada catatan tersendiri bagi yang mempunyai riwayat alergi jangan sesekali makan belalang karena Anda bisa kena alergi ya hampir sama seperti udang yang bisa menyebabkan alergi. Belalang goreng ini biasanya di kemas dalam bentuk toples atau pastikan kecil-kecil harganya biasanya dalam 1 toples berkisar Rp.35.000;


Silahkan jika berkunjung ke gunungkidul jangan lupa oleh-olehnya khas Gunungkidulnya harga murah rasanya luar biasa dan pastinya anda mencoba kuliner ekstrim khas Gunungkidul, berani coba?

Related Posts:

0 Response to "Walang goreng, oleh-oleh khas gunungkidul"

Post a Comment