Rute dan Lokasi Menuju Telaga Jonge Semanu Gunungkidul

gunungkidulku.com

Berbicara soal tempat wisata di jogjakarta memang sangat menarik dan selalu diminati wisatawan domestik maupun mancanegara yang terus berdatangan.

Seiring kemajuan teknologi , tempat wisata di Jogja semakin dikenal oleh semua kalangan.
Begitu pula tempat wisata yang baru juga tak perlu waktu lama untuk mendapatkan tempat di hati wisatawan.

Membahas tentang wisata baru,ada Tempat Wisata Anyar yang diburu wisatawan baru baru ini di jogjakarta, tepatnya di Gunungkidul.

Bernama Telaga Jonge, dengan keindahan airnya yang hijau dan tidak pernah surut sepanjang tahun.
Dikelilingi hutan kecil yang rindang dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia.

Lokasi Telaga Jonge Semanu

Telaga jonge terletak di dusun Jonge, desa Pacarejo, kecamatan Semanu,kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan koordinat GPS s80'38"E11037'31".

Baca Juga : Rute Dan Lokasi Menuju The World Landmarks Merapi Park Yogyakarta

Rute menuju Telaga Jonge Wonosari Gunungkidul

Tidaklah sulit untuk menemukan Telaga jonge, meskipun tergolong tempat wisata Anyar,tapi mudah ditemukan karena searah dengan beberapa tempat wisata yang ada di Gunungkidul,yaitu searah dengan kalisuci.

Berikut rute yang dapat wisatawan tempuh untuk sampai di telaga jonge

1. Jogjakarta > Bukit bintang Pathuk gunungkidul lurus > Sambipitu lurus > Lanud TNI AU Gading > Siyono lurus > Alun-alun Wonosari > pasar Argosari Wonosari lurus > Proliman Baleharjo lurus > perempatan Ringroad timur lurus > jl.wonosari Semanu > pertigaan sebelah timur gardu induk PLN ambil arah kanan > pertigaan pasar wage ke kanan > telaga jonge.

2. Jogjakarta > Bukit bintang Patuk > Sambipitu > Lanud TNI AU Gading > Siyono ambil yang arah ke kanan/Selatan > perempatan galri ambil kanan/ke selatan > jl Baron sampai di lapangan Karangrejek tidak jauh ada perempatan ambil arah kiri dan lihat papan petunjuk Menuju kalisuci > perempatan ke kanan > pertigaan ke arah kiri menuju ke dusun wilayu > telaga jonge.

Bagi anda wisatawan yang menggunakan transportasi umum dari arah jogja bisa turun di terminal Wonosari dan dilanjutkan menyewa ojek untuk Menuju telaga jonge.

Daya Tarik Telaga Jonge

gunungkidulku.com

Wisata alam dan air masih menjadi ciri khas bila berwisata ke Gunungkidul, Yogyakarta.
Begitu pula dengan telaga jonge yang merupakan sumber air yang konon tidak pernah kering ini.
Membentang seluas kurang lebih 5 hektar, telaga jonge merupakan oase untuk daerah kering seperti Gunungkidul.

Wisatawan yang datang bisa leluasa menikmati pemandangan yang masih asri bersih dan sejuk serta mengeksplorasi telaga jonge dengan berbagai aktivitas permainan air.

Pesona Keindahan Wisata Telaga Jonge.

Wisatawan akan menikmati indahnya udara segar dengan pemandangan air yang jernih kehijauan, selain itu pemandangan hutan dengan pohon yang rindang semakin menambah rasa nyaman dan relaks serta menentramkan para wisatawan yang datang.

Penataan tempat ini juga tergolong rapi dan bersih membuat wisatawan semakin betah saja di telaga jonge ini.

Adapun aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan Diantara nya:

~jogging

Pengelola menyediakan Trac untuk jogging sepanjang hutan yang mengelilingi telaga.
Jadi sembari jogging anda juga bisa menghirup udara segar sepuasnya.

~ Camping

Di pinggir telaga juga di sediakan tempat untuk camping dengan tempat yang cukup luas dan bersih.

~ Memancing

Bila anda wisatawan yang gemar memancing,tidak ada salahnya mencoba peruntungan mendapatkan ikan di telaga jonge,disini disediakan spot memancing oleh pengelola.

~ Aktifitas air

Aktifitas air yang bisa anda nikmati yakni berenang atau sekedar bermain air,jangan khawatir untuk keselamatan anda,karena pengelola menyediakan pelampung yang bisa Anda sewa.

Baca Juga :  Daftar Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Beserta Lokasi dan Fotonya

Selain itu wisatawan juga dapat menyewa perahu atau juga bebek air untuk berkeliling telaga sembari menikmati pemandangan telaga atau menyaksikan sunset di sore hari yang pastinya menambah suasana romantis bagi yang datang bersama pasangan.untuk yang jomblo... nikmati saja karena jomblo membuat Anda awet muda.hehe

Fasilitas di Telaga Jonge

Selain banyak aktivitas yang bisa di eksplor telaga jonge memiliki berbagai fasilitas yang Cukup menunjang seperti mushola,tempat parkir luas, gazebo di pinggiran telaga,toilet,dan warung makan atau penjual makanan dengan menggunakan gerobak sudah tersedia disini.

Jam buka dan tiket masuk telaga jonge

Sejauh ini telaga jonge masih dibuka 24 jam.

Penginapan terdekat telaga jonge

Jika anda berniat untuk bermalam di Daerah sekitar telaga jonge,
Berikut Penginapan yang admin rekomendasikan yang terdekat dari telaga jonge

~Homestay Sumono Gunung Kidul

~Homestay Rusmiyati K1
Rp 282.000 / Kamar / malam

Sejarah Telaga Jonge

Kesejukan Telaga jonge tak lepas dari sejarah dan asal usul terbentuknya telaga ini, bahkan mitos yang berkembang pun selalu hangat di kalangan masyarakat setempat.

Sejarah menyebutkan bahwa telaga jonge merupakan petilasan seorang kiai suci yang bernama Mbah jonge yang oleh masyarakat dipercaya muksa atau mengalami pengangkatan.

Mbah jonge sendiri adalah seorang pendatang yang berhati mulia dan menjadi sosok yang di tuakan pada masanya juga sangat dihormati.

Sampai sekarang masyarakat percaya bahwa telaga jonge yang tidak pernah mengering ada hubungannya dengan kesaktian Mbah jonge yang konon petilasan nya ditemukan pertama kali di tengah Telaga saat perluasan.

Masyarakat setempat juga menganggap telaga jonge sebagai tempat yang suci.
Ada beberapa pantang jika berada di telaga jonge yakni tidak boleh berkata kasar, mengotori,mengejek dan tindakan melanggar norma.bila hal itu dilanggar akan mendatangkan petaka.

Benar Atau tidaknya mitos yang berkembang, sebagai wisatawan tidak ada salahnya untuk mematuhi peraturan yang meskipun tidak tertulis namun bertujuan menjaga keindahan telaga jonge agar dapat dinikmati dari masa ke masa.

Bagaimana , anda tertarik untuk berkunjung ke telaga jonge..selamat berlibur.