Rute dan Lokasi Menuju Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur


Rute dan Lokasi Menuju Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur




Siapa sih yang ga ltau Pantai terkenal satu ini yups Pantai Klaryar Pacitan Jawatimur. Dahulunya pantai ini tergolong masih sepi karena akses jalan menuju kawasan wisata Pantai Klayar ini masih tergolong sulit.


Namun keindahan Pantai Klayar ini semakin diminati berkat foto-foto keindahan Pantai ini di media sosial. Keindahan Pantai Klayar ini sangat luar biasa pasir pantainya yang putih dan bersih serta batuan karang bak lukisan sang maha kuasa, begitu indah.


Daya tarik dari Pantai Klayar ini yakni seruling samudra sehingga wisatawan banyak yang berbondong-bondong mengunjungi tempat wisata ini. Seruling samudra yakni lubang kecil dari batu karang yang berada menjorok ke lautan sehingga lubang kecil tersebut apabila terkena ombak akan berbunyi bahkan mengeluarkan air laut sehingga memancar hingga ketinggian 10 meter.

Lokasi


Pantai Klayar terletak di desa Kalak, kecmatan Donorejo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Titik koordinat GPS Pantai Klayar -8.224258,110.948300


Rute Menuju Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur



Pantai Klayar ini terletak di ujung Barat dari kabupaten Pacitan. Dari kota pacitan Pantai klayar ini berjarak kurang lebih 40 Km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit.


Pacitan > jl. Sedayu arjosari > jl. Mlati > jl. Puk > jl. Punung - Goa gong > Goa gong > jl. Punung - kalak > Kalak > Pantai Klayar.


Nb. Jalan menuju Pantai Klayar sebenarnya sangat mudah dan banyak sekali papan petunjuknya namun jika wisatawan bingung silahkan bertanya pada warga sekitar.


Pesona Pantai Klayar Pacitan




Pesona keindahan Pantai Klayar ini sudah tidak di ragukan lagi, jika anda wisatawan yang hendak berencana untuk liburan ke Pantai ini sudah tidak usah perlu ragu-ragu lagi karena suguhan panorama yang ciamik akan membuat anda dan keluarga anda bahagia dan di pastikan tidak salah pilih untuk menentukan liburan disini.

Lanscape pegunungan dan bebatuan khas pegunungan pacitan yang di kenal dengan kota 1001 goa ini sungguh luar biasa, ketika anda berada di perjalanan anda sebenarnya sudah bisa menikmati pesona alam yang indah dan kesejukan di sepanjang jalan.


Udara yang bersih membuat kota ini kian di kenal banyak wisatawan. Keindahan Pantai ini di mulai dari Pasir putihnya yang luas serta di backgroundni batuan-batuan karang yang tinggi-tinggi serta air lautnya yang berwarna biru doff wow bersih sekali….


Hamparan pasiran yang luas ini sebagai lokasi anda menikmati pemandangan pantai klayar dari pinggir pantai bersama keluarga ataupun sahabat anda, di temani air es kelapa muda liburan anda semakin sempurna.


Selain itu anda juga bisa bermain di lokasi pasiran ini bersama anak-anak anda dengan bermain bola ataupun melihat ikan-ikan kecil di pinggiran pantai dan melihat teerumbu karang yang sangat cantik.


Selain bermain di pasiran putihnya wisatawan juga bisa bermain dan mengelilingi Pantai Klayar ini menggunakan ATV, sudah di pasiran dengan terik matahari pasti bakalan capek sekali nih kalau jalan sambil berkeliling mending sewa ATV ajah, murah lho..


Tarif sewa kendaraan ATV ini jika sewa pribadi Rp. 75.000 per 30 menit, jika anda menyewa dengan sopirnya Rp. 50.000 per 30 menit. Nah setelah sudah mendapatkan kendaraan sewa ATV anda selanjutnya yuk taklukkan pasiran Pantai Klayar Berangkaaatttt…..


Eits di Pantai Klayar ini pasir pantainya tergolong lembut dan dalam lho jadi jika wisatawan menggunakan ATV pribadi tidak di tumpangi teman hati-hati bisa selip rodanya ya, triknya tumpangi jokbelakang yang untuk penumpang dan lanjuuut broooo…..


Setelah sampai ujung dari Pasiran pantai klayar ini ternyata masih ada daya tarik yang lebih mempesona lho yakni Seruling Samudra.

Keindahan di Seruling Samudra


Yuk naik ke batu karang dan di bukit sini banyak sekali wisatawan yang suka mengabadikan Pantai dengan berfoto ria bersama rombongan atau teman-teman nya, hati-hati ya bila naik ke batu karang ini karena sangat licin.


Di seruling samudra ini sebenarnya aman meskipun langsung menjorok dan batuan ini secara langsung di h4ntam ombak besar khas Pantai Klayar. Terdapat garis atau pagar yang berada di tepi batuan karang untuk menjaga para wisatawan agar tetap aman dan wisatawan di larang melampaui batas tersebut.


Seruling samudra merupakan lobang kecil yang t3mbus ke lautan sehingga saat ombak besar datang dan mengh4nt4m batu karang tersebut akan menimbulkan tiupan angin dan jika ombak lebih besar lagi akan memancarkan air seperti air mancur dengan ketinggian kurang bisa mencapai 10 meteran, dan lebih uniknya lagi lubang kecil ini akan mengeluarkan suara seperti seruling.


Maka dari itu batu karang ini di namai seruling samudra. Wisatawan bisa merasakan di s3mprot air seruling samudra ini namun tetap berhati-hati yah..


Selain seruling samudra wsiata di Pantai Klayar ini juga mempunyai angel foto yang bagus yakni dengan background batuan yang tinggi-tinggi. Selain itu di pinggir pantai klayar ini juga di tanami pohon kelapa yang menjadi ikon dari pantai klayar ini.


Keindahan Sunset Pantai Klayar


Yuhu mumpung berwisata ke pantai klayar rugi nih kalau ga menyaksikan indahnya pemandangan sunsetnya. Menikmati sunset dari seruling samudra rasanya sangat cocok sekali dan sama sekali tidak ada hanlangannya kecuali mendung yak.


Langit Pacitan bak lukisan sang pencipta merah keemasan yang indahnya luar biasa, lama kelamaan matahari semakin tenggelam dan suasananya semakin indah untuk memotret sebagai dokumentasi.


Asal Muasal Nama Pantai Klayar


Selain eks0tik pemandangannya pantai ini juga banyak cerita di masyarakat seperti asal usulnya nama pantai ini. Menelisik dari penjual minuman di lokasi wisata Pantai ini konon katanya pantai dinamai pantai klayar karena dahulu kala ketika di Pantai ini masih belum ramai seperti saat ini.


Masih dalam keadaan hutan belantara di Pantai ini di temukan kapal besar yang terdampar dan kapal tersebut mengandalkan pelayarannya menggunakan layar belum menggunakan mesin seperti saat ini.


Dari situlah pantai ini dinamakan Pantai Klayar yang berarti kurang lebih Pantai yang pernah untuk terdampar kapal “layar”.


Pantai klayar ini juga memiliki cerita mitos yang berkembang di tengah masyarakat, seruling samudra yang sebagi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini dahulu kala ceritanya karang bolong yang menjorok ke laut ini bolongnya batu karang tidak melalui abrasi pantai namun karena ada perang gaib antara penguasa wilayah cilacap ingin menguasai pantai ini dan kononon katanya penguasa pantai cilacap mengirimkan ombak yang begitu besar dan dahsy4t.


Sehingga gelombang tersebut banyak mengh4ncurkan karang dan juga batu karang sampai berlubang-lubang, dari cerita itulah pantai klayar ini di kenal pantai yang angker dan terkenal dengan ombak yang besar.


Namun konon masih banyak sekali cerita yang berkembang di masyarakat mengenai asal usul pantai ini.


Camping di Pantai Klayar


Bagi anda wisatwan yang masih muda-mudi yang ingin menikmati indahnya sunset, undara malam hari di pinggir pantai, menikmati kesejukan saat pagi hari di pantai klayar, anda bisa melakukan kegiatan camping atau berkemah.


Namun jika anda ingin camping di pantai ini sebaiknya anda meminta ijin terlebih dahulu kepada pengelola pantai klyar ini.


Selain itu jikalau aktifitas camping anda mengadakan kegiatan seperti bakar api unggun janagan sampai sampahnya berceceran ya.


Fasilitas


Meskipun tempat wisata pantai ini sudah di penuhi wisatwan apalagi kalau weekend namun pantai klayar ini masih tergolong minin fasilitasnya namun sudah di anggap cukup lumayan lah.


Di pantai klayar ini memiliki fasilitas seperti halnya parkiran yang luas, kamar mandi atau WC, penginapan, rumah makan, warung, mushola, dll


Harga Tiket dan Parkir


Untuk berwisata ke Pantai klayar ini tidak dibutuhkan biaya mahal lho, murah meriah namun tempat wisatanya tidak murahan melainkan pemandangan yang luar biasa.


Tiket masuk ke pantai klayar ini Rp. 10.000 per orang dan tiket masuk ke seruling samudra Rp. 2.000 per orang.


Selain itu untuk ongkos parkirnya kendaraan roda 4 mobil pribadi Rp. 5.000 dan untuk motor Rp. 3.000


Kuliner di Pantai Klayar


Nah rasanya ga lengkapkan kalau berwisata ke pantai klayar tidak menikmati kulinernya, habis bermain di pantai cocoknya ya langsung cari tempat makan yang cocok nih mumpung perut juga udah keroncongan :P


Di Pantai klayar ini cukup banyak rumah makan yang harganya masih tergolong relatif murah lho berikut ini salah satu rumah makan yang cukup terkenal di pantai klayar,


1. Rumah Makan Bunda


Terletak tak jauh dari Bib1r pantai klayar tepat berada di ujung jalan rumah makan ini menyediakan berbagai macam seafood yang paling lezat yakni ikan bakarnya pokonya juara.


Sembari menunggu masakan jadi alangkah lebih baiknya kita mandi dahulu karena badan lengket bukan habis kena air laut, selesai mandi taraaa makanan udah siap.


Jangan kawatir rumah makan ini jelain jos gandos, bersih dan harganya sangat terjangakau lho. Untuk info selengkapnya silahkan hubungi ke 085235962773. RM Bunda ini buka jam 5 pagi hingga jam 22.00 malam


2. Rumah Makan Sunset 


Rumah makan ini juga masih di sekitaran pantai klayar, sebagai menu andalannya masih sama dengan rumah makan lainnya yakni seafood.


Cocok sesuai namanya rumah makan ini sangat pas sekali untuk lokasi menikmati sunset sekalian menyantap makanan yang lezat ini.


Menu yang di sediakan di Rumah Makan ini yakni Nila goreng/ bakar, ayam goreng/ bakar, soto ayam, nasi goreng, mie ayam, dan untuk minumnya es kelapa muda, es jeruk, es teh dan kopi.


Gimana pingin menikmati kuliner di pantai klayar silahkan coba sendiri dan di jamin rasanya yang top markotop harganya juga sangat relatif terjangkau lho.


Hotel dan Penginapan di Pantai Klayar


Jika anda ingin menikmati pemandangan sunset atau menikmati udara malam di pantai jika anda tidak ingin nge camp anda tak perlu kawatir mau tidur dimana atau harus pulang yang jarak rumah sangat jauh namun di lokasi wisata pantai klayar ini sudah ada beberapa penginapan yang relatif murah meriah berikut ini daftarnya,


1. Homestay Kinasih


Homstay kinasih ini masih berada di lokasi tempat wisata pantai klayar, tersedia 5 kamar dan kondisi penginapan yang bersih dan ada berbagai fasilitasnya untuk harga dan pemesanan silahkan hubungi ke 085330322211


2. Homestay Larasati


Penginapan ini ada beberapa kamar dan lokasinya tak jauh dari pantai klayar, fasilitas penginapan ini yakni tempat tidur, tv, fun, meja, kursi. Penginapan ini sangat bernuansa jawa sekali selain itu untuk harga nya sangat murah pelayananan sangat jos. Untuk pemesanan atau melihat harganya silahkan hubungi ke 085232623515


3. Mayangkara Homestay


Masih tetap di seputaran pantai klayar penginapan ini berbentuk limasan dan ada beberapa kamar untuk anda sewa. Pelayanan terbaik akan anda dapatkan ketika menginap di penginapan ini.


4. Platar Ombo Homestay


Penginapan ini tidak jauh dari pantai klayar, terletak di jalan sendang, donorojo, pacitan. Untuk harganya relatif murah dan fasilitasnya lumayan lengakap dengan kondisi yang bersih. Selain kamrnya luas penginapan ini juga menyediakan berbagai kuliner yang perlu anda coba. Untuk infonya silahkan menghubungi 085235996974


5. Homestay Pak eko Klayar


Selain homstay nya di tempat pak eko ini juga di sediakan rumah makan yang rasanya jos lho. Penginapannya juga sangat nyaman dan bersih sekali. Untuk harganya masih tergolong relatif murah.  Untuk pemesanan silahkan menghubungi ke 085230101920




Nah itulah tadi sedikit ulasan mengenai Rute dan Lokasi Menuju Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur, bagaimana kapan anda dan keluarga menentukan jadwal untuk berwisata ke pantai ini. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Rute dan Lokasi Menuju Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur"

Post a Comment