Rute dan Lokasi Pantai Nampu Gunungkidul

Rute dan Lokasi Pantai Nampu Gunungkidul




Gunungkidul semakin indah saja dengan kemunculan berbagai tempat wisata yang di anggap baru dan di bangun oleh warga Masyarakat sekitar. Seperti hal nya Pantai Nampu Gunungkidul.


Nama Pantai Nampu sendiri sepertinya tidak asing lagi bagi pecinta traveler, pantai Nampu yang traveler tahu mungkin yang berada di kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Namun di Gunungkidul juga ada lho Pantai Nampu dan pemandangannya tidak kalah bagus dengan Pantai-pantai yang ada di Gunungkidul lainnya.


Pantai Nampu Gunungkidul menyuguhkan pemandangan Pantai dengan hamparan pasir putih dan wisatawan bisa menikmati beberapa permainan air yang di sediakan oleh pengelola yakni naik banana boat, snorkeling dan wisata naik kapal nelayan.


Selain itu wisata Pantai Nampu Gunungkidul juga mempersembahkan keindahan Pantai dari atas bukit atau dari jalan masuk menuju Pantai Nampu. Dari sini wisatawan bisa menikmati pemandangan Pantai hingga bisa melihat Pantai Wediombo dari kejauhan.


Lokasi Pantai Nampu Gunungkidul

Lokasinya cukup mudah untuk di temukan yakni di sebelah barat Pantai Wediombo yang ada kapal nelayan nya sebenarnya masih dalam satu kesatuan Pantai Wediombo. Pantai Nampu berada di dusun Widoro, desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Titik Koordinat GPS Pantai Nampu Gunungkidul -8.183343,110.707010





Rute Menuju Pantai Nampu Gunungkidul


Dari kota Yogyakarta berjarak kurang lebih 80 km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.


Penting!! Pantai Nampu Berada di Kawasan Pantai Wediombo Jadi Lihat Plakat Menuju Pantai Wediombo.


Yogyakarta > Ringroad Ketandan (jl.wonosari) > Sampaan > Piyungan > bukit bintang > Patuk > Sambipitu > hutan Bunder > Gading > pertigaan setelah Lapangan Terbang Gading belok ke kiri menuju Kota Wonosari > Playen > bundara Siono lurus aja menuju kota Wonosari > Pemda Gunungkidul > pasar Wonosari > pertigaan sebelum polres Gunungkidul ambil kanan menuju jl. Baron > karang rejek > mulo > pertigaan ambil arah kiri menuju Pantai Wediombo (Siung) > Tepus > ambil arah ke Wediombo > kelurahan desa Balong > Jepitu > TPR (setelah TPR selang 2km lihat plakat menuju Pantai Nampu) > Pantai Nampu Gunungkidul.


Nb. Jika merasa bingung silahkan bertanya pada warga sekitar.


Bukit Indah dan Pantai Nampu Gunungkidul

Traveler yang ingin ke Pantai Nampu sebaiknya saat sore hari, meskipun tidak bisa menikmati sunset di Pantai ini namun pemandangannya sangat bagus, dan ketika bermain ke pantai saat sore hari tidak akan terkena terik matahari karena akan terhalang oleh ketinggian Gunung Api Purba Batur yang berada di sebelah barat nya.




Setelah melewati TPR selang beberapa kilo lihat kanan jalan dan di sana ada Plakat Bukit Indah dan Pantai Nampu Gunungkidul. Jalannya masih corblok dan belum lama di bangun oleh warga masyarakat setempat. Setelah melewati gerbang Pantai ini dengan jalan yang sempit dan hanya corblok sebaiknya kendaraan roda 4 di parkirkan di tempat parkir roda 4 yang telah di sediakan karena di bawah hanya khusu parkir sepeda motor.


Lanjut jalan yang menurun tajam dan berkelok sangat terjal ini kita berhenti sejenak dengan ada background tulisan bukit indah Pantai Nampu ini di sini wisatawan bisa menikmati indahnya Pantai Nampu hingga pantai Wediombo.


Wisatawan bisa berfoto dan berselfie di jalanan yang berkelok ini dengan background pemandangan pantai yang sangat indah. Selain itu juga di sediakan spot foto seperti miniatur kapal nelayan yang kecil sebagai tempat foto-foto dengan di belakang pemandangan hamparan pantai yang begitu eksotis.


Wisatawan di kenakan tarif Rp. 3.000 di spot foto kapal nelayan ini. Selain itu wisatawan bisa berhenti sejenak di gazebo yang sudah di sediakan oleh pengelola sambil menikmati keindahan Pantai yang berada di desa Balong ini.


Melanjutkan perjalanan dengan jalan yang masih turun dengan sangat terjal ini kita akan menemukan gazebo kembali yang di belakangnya merupakan parkiran sepeda motor, namun tidak begitu luas dan ketika admin bermain kesana belum ada petugas parkirnya. Selanjutnya wisatawan bila turu kembali hingga menemukan parkiran sepeda motor paling bawah sekaligus di Gunakan sebagai pangkalan ojek para warga.


Wahana Permainan di Pantai Nampu Gunungkidul

Setelah sampai di bawah tepatnya di Pasiran putihnya Pantai ini masih sangat bersih dan belum banyak pengunjung yang datang ke Pantai ini, barisan kapal nelayan yang berjajar rapi dengan aktivitas para nelayan yang menyiapkan jaring guna untuk mencari ikan.




Tak lama disini melihat anak-anak dan wisatawan lain bermain air di pantai ini sambil berteriak keasyikan, juga melihat ada yang persiapan naik banana boat sebagai wahana permainan yang baru dan satu-satunya di Pantai Gunungkidul saat ini.


Selain itu wisatawan juga bisa menikmati snorkeling dengan di antar prahu nelayan ke lokasi snorkeling lho.


Pantai Nampu ini sebenarnya di sebelah barat Pantai Wediombo kalau di lihat dari pantai Wediombo Pantai ini terletak di ujung dan terlihat di kapal-kapal nelayan berjajar. Akses selain melalui jalur di atas wisatawan juga bisa melalui Pantai Wediombo dengan berjalan menyusuri pasir pantai menuju barat.


Pantai Nampu ini juga di huni oleh beberapa nelayan dengan mendirikan rumah-rumah kecil yang berada di tepian pantai. Selain itu di Pantai ini juga ramah bagi wisatawan karena masih sangat tenang dan udaranya bersih serta lingkungannya masih sangat bersih.


Di Pantai ini juga wisatawan bisa bermain camping bagi yang suka Camping lho namun pengelola menghimbau agar selalu memperhatikan kebersihan serta dapat menjaga lingkungan sekitar.


Setelah puas di Pantai ini kita pulang namun masih perlu perjuangan untuk sampai ke atas parkiran lagi karena jalannya sangat terjal.


Bagi anda pengguna mobil tidak perlu kawatir dengan jalan kaki yang bikin capek disana juga sudah ada fasilitas tukang ojek, ongkos turung per orang Rp. 5.000 sedangkan ongkos naik Rp. 6.000. kalau Anda memakai sepeda motor ke Pantai paling di sarankan menggunakan motor yang berproseneling karena tanjakannya sangat taj4m.


Fasilitas dan Tiket ke Pantai Nampu

Fasilitas di Pantai Nampu ini juga sudah lumayan lengkap meskipun masih dalam proses pembangunan yakni, sudah adanya TPI, parkiran, toilet, Penginapan, Rumah makan, mushola, gazebo, serta pendopo.


Harga tiket menuju kawasan Pantai ini masih menjadi satu paket seperti ke Pantai Wediombo, Watu Lumbung, Jungwok,dll Rp. 5.000 per orang. Parkir mobil Rp. 5.000, parkir motor Rp. 3.000


Nah gimana ingin menikmati permainan air serta menikmati indahnya Pantai Nampu yang berada di Gunungkidul ini yang notabene Pantai Baru namun sangat memukau ini silahkan berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul. Selamat berwisata.

Related Posts:

0 Response to "Rute dan Lokasi Pantai Nampu Gunungkidul"

Post a Comment