Pantai Ngungap Gunungkidul

pantai ngungap




Pantai ngungap menyuguhkan pemandangan yang luar biasa dan menawan, letak pantai ngungap ini sendiri sebenarnya tidak jauh dari pantai sadeng di girisubo, Gunungkidul. Arti Pantai Ngungap dalam bahasa Indonesia berarti menengok. Kata tersebut berasal dari bahasa Jawa yaitu ngungak. Di Pantai Ngungap, kamu tidak akan menemukan pasir dengan garis pantai. Kamu juga tidak akan bisa bermain air. Nah, itulah uniknya pantai ini. Kamu malah akan menemukan bukit karang tinggi nan curam berwarna hijau, pandanganmu akan berhadapan langsung dengan laut biru yang mempesona, dan suara deburan ombak ganas yang membentur karang dan benar-benar mendebarkan hati.

Nah, bagaimana perjalanan yang harus Anda lewati untuk menuju pantai ini? Awalnya Anda akan melalui jalan beraspal sehingga perjalanan pun terasa nyaman. Namun setelah itu Anda akan melalui jalanan berbatu yang membuat Anda tergoncang-goncang di dalam kendaraan. Namun kita ada pemandangan gratis ketika kita berada di dalam perjalanan yaitu alam sekitar perladangan perbukitan dan juga hutan rakyat. Begitu sampai di Pantai Ngungkap Gunungkidul, Anda akan melihat sebuah bangunan seperti pendopo atau cakruk namun sudah rusak dan tidak terawat kayaknya sudah tidak terpakai. Di sebelah bangunan cakruk (gardu) tersebut terdapat sebuah pohon besar yang rimbun. Ketika Anda mulai bermain-main di pantai, Anda bisa melihat berbagai habitat laut di dalamnya. Ada beragam ikan yang bisa ditemui. Selain itu di pantai ini juga terdapat spot-spot tertentu yang bisa digunakan untuk memancing.

Baca juga : Telaga Biru, Semin Gunungkidul

Tak hanya itu, kamu juga akan melihat pekerjaan ektrim masyarakat setempat yang mencari sarang burung walet. Mereka mempertaruhkan jiwanya di atas tali seadanya yang berasal dari akar tumbuhan dan bahkan hanya tali terbuat dari bambu yang mereka gunakan untuk memanjat tebing. Kemudian, memanen sarang-sarang burung walet yang berada di pinggir-pinggir tebing. Kamu juga bisa memancing di tempat ini, karena kekayaan ikannya sangat berlimpah dan besar, seperti cakalang juga panjo.



Di Pantai Ngungkap Gunungkidul ini juga terdapat banyak spot untuk mengambil foto. Ada banyak spot untuk melihat matahari terbenam. Adanya banyak tebing tinggi juga membuat pantai ini menarik untuk dijadikan obyek fotografi Anda.

Pantai ngungap ini walaupun hanya tebing namun pemandangannya cukup bagus apalagi kalau kita melihat ke selatan arah samudra Hindia ada kapal lewat wah suatu pemandangan yang langka nih hehe

Fasilitas di pantai ini belum terlalu lengkap untuk persiapan aja bawalah bekal dari rumah ya seperti makanan dan minuman yah.

Akses menuju pantai ngungap
Dari kota Yogyakarta
Yogyakarta > Wonosari > Tepus > Purwodadi > Girisubo > Pantai ngungap

Related Posts:

0 Response to "Pantai Ngungap Gunungkidul"

Post a Comment