Tarian Budaya Irengan Masih Tetap Lestari Di Gunungkidul ( Video)

tarian irengan

Tarian Budaya Irengan Masih Tetap Lestari Di Gunungkidul ( Video)



Gunungkidul mempunyai tempat wisata dan juga seni tradisional yang masih terjaga kelestariannya. Seperti halnya Irengan merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang hingga sekarang ini. Irengan sendiri masih sangat lestari hingga saat ini di dusun Klayu, sumberwungu, tepus, Gunungkidul.
(Lihat videonya di akhir postingan)
tarian irengan


Tarian irengan ini sering di pentaskan pada saat Rasul (bersih dusun) tiba. Irengan ini biasanya berjalan mengelilingi kampung atau arak-arakan bersama gunungan dan hasil panen yang masyarakat peroleh sebagai simbolis.


Tarian irengan ini di lengkapi dengan iringan gamelan dan pemainnya berjoget dengan sangat unik.


Pemain irengan ini seluruh badan di balut dengan warna hitam mulai muka, badan, tangan, hingga kaki sehingga sangat susah sekali untuk mengenali dari setiap pemain irengan ini walaupun kita sudah mengenal mereka.
tarian irengan


Kesenian tradisional ini baru pertama kali admin melihatnya juga dan merasa heran dan juga terkagum akan kebudayaan yang ada di Gunungkidul. Saat itu kami memperoleh informasi yang berada di grup-grup mengenai inforasulan dengan adanya acara hiburan irengan ini yang membuat kami merasa ingin tahu akan tradisi tarian irengan ini.


Semoga kesenian irengan maupun kesenian lainnya di gunungkidul masih tetap lestari sebagai budaya yang akan di wariskan ke anak cucu kita.

Simak videonya berikut ini

Related Posts:

0 Response to "Tarian Budaya Irengan Masih Tetap Lestari Di Gunungkidul ( Video)"

Post a Comment