Pantai Torohudan Gunungkidul, Keindahan Diantara Batu Karang

pantai torohudan gunungkidul, keindahan duantara batu karang


Pantai Torohudan Gunungkidul, Keindahan Diantara Batu Karang

Gunungkidul memiliki jajaran tempat wisata yang luar biasa banyaknya seperti jajaran pantainya yang membentang dari perbatasan Bantul hingga Pacitan. Pantai di Gunungkidul sudah banyak yang tersohor dan banyak jadi tempat tujuan wisatawan. Namun banyak juga pantai yang belum terkenal atau belum sampai di telinga penggemar traveler seperti Pantai Torohudan ( Pantai Toro Udan). Pantai ini mungil namun banyak keunikan yang di temukan di pantai Torohudan ini. Pantai yang masih sangat bersih, alami, dan masih sepi dari para wisatawan.


Pantai Torohudan terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tepatnya berada di sisi timur dari pantai Ngrenehan. Titik Koordinat GPS Pantai Torohudan -8.122494,110.516493 . Untuk menuju ke pantai Torohudan biasanya kita melewati terlebih dahulu pantai Ngrenehan.



Rute Menuju Pantai Torohudan


Dari Yogyakarta berjarak kurang lebih 60km kalau mau menuju Pantai Torohudan ini dan kurang lebih di butuhkan waktu 1 jam 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.


Penting. Menuju Pantai Torohudan ini sebaiknya kita menempuh jalan sama halnya bila ke pantai Ngrenehan. Dan kendaraan kita kita parkirkan di pantai Ngrenehan.


Yogyakarta > jl. Wonosari (Ringroad Ketandan) > Perempatan Wiyoro > Piyungan > Patuk > Sambipitu > Gading (lapangan terbang) > pertigaan Gading ( ambil kanan menuju Playen) > pasar Playen > ke Paliyan > pasar Paliyan ke selatan > Puslatpur TNI (lurus saja keselatan) > Saptosari > ambil ke arah pasar trowono > Pantai Ngrenehan > Pantai Torohudan.
pantai torohudan gunungkidul, keindahan duantara batu karang


Keindahan Pantai Torohudan

Ketika kita sudah sampai di pantai Ngrenehan sebaiknya kendaraan kita di parkir di pantai Ngrenehan ini kemudian perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki tepatnya ke arah timur dari pantai Ngrenehan ini. Atau kita tanya dahulu kepada petugas parkir di pantai ini.
pantai torohudan gunungkidul, keindahan duantara batu karang


Kami mulai melangkahkan kaki melalui jalur setapak menuju ketimur. Melewati ladang penduduk yang di rimbuni hijauan tanaman singkong. Melewati pegunungan yang jalanannya lumayan terjal. Sesekali kami bertemu petani dan kami menanyakan keberadaan dari pantai Torohudan ini. Cukup menguras tenaga karena perjalanan yang di temani terik matahari, setelah 20 menit kami berjalan kaki akhirnya kami mendengar gelegar deburan ombak yang kian dekat saja. Saat kamu melihat sekilas dari pantai Torohudan ini tidak lah terlalu luas namun sangat bagus karena kita di suguhi rumput hijau yang tumbuh di pinggiran pasir putih.


Pasir putih pantai yang lembut menjadikan keunikan sendiri bagi pantai Torohudan ini, di apit batuan karang yang kokoh dan terjal sehingga pantai ini nampak sangat sepi dari pengunjung. Bermain di tempat ini sungguh menyenangkan karena masih sepi dan ketika kala matahari sangat terik kami bisa berteduh di bawah tebing yang sungguh mempesona ini. Banyak kita temui hewan penghuni laut Torohudan ini seperti bintang laut kecil bahkan ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari.
pantai torohudan gunungkidul, keindahan duantara batu karang


Baca Juga : PUNCAK KOSAKORA. 


Pohon pandan yang membuat hijaunya pemandangan di pantai ini juga sangat rapi dan tumbuh secara bebas, di pantai ini selain untuk wisata ternyata di gunakan juga oleh warga setempat untuk mengais rejeki dengan cara memasang perangkap untuk lobster dan juga ada yang menjaring ikan. Selain itu di pantai Torohudan juga sangat cocok untuk spot memancing. Di pantai ini juga bisa di buat untuk camping atau berkemah lho bagi yang suka menginap di alam bebas.


Pantai Torohudan akan kelihatan lebih mempesona apabila kita melihat Pantai ini dari sisi bukit sebelah barat. Dan wau pantai yang masih alami dan belum ramai.
pantai torohudan gunungkidul, keindahan duantara batu karang

Di pantai ini belum banyak fasilitas seperti pantai-pantai yang lainnya. Maka lebih baiknya kita membawa perbekalan sendiri dari rumah. Dan kalau ke Pantai ini jaga selalu ya ke utuhan alam kita. Yuk berwisata ke gunungkidul.

Related Posts:

0 Response to "Pantai Torohudan Gunungkidul, Keindahan Diantara Batu Karang"

Post a Comment