Pantai Krokoh

pantai krokoh




Kalau sahabat traveler sering beranggapan pantai paling timur di kabupaten Gunungkidul ini adalah pantai sadeng namun anggapan itu salah dan anggapan tersebut terpatahkan ketika di pantai ini di buka oleh masyarakat setempat. Nama pantai itu adalah Pantai Krokoh, karena pantai krokoh ini sendiri terletak persis di sebelah timur yang di batasi oleh bukit dari pantai sadeng. Titik Koordinat GPS Pantai Krokoh -8.201563,110.830045

pantai krokoh berlokasi di desa Songbanyu, kecamatan Girisubo, kabupaten gunungkidul. Pantai krokoh ini merupakan pantai yang terletak di paling ujung timur dari kabupaten Gunungkidul. Keindahan pantai ini tidak dapat dipungkiri, sedikit wisatawan mengatakan bahwa pantai ini masih sangat alami dan pantai masih dapat terlihat dan dirasakan kesegarannya karena tidak sering dijamah oleh pengunjung wisata sehingga lokasinya jauh dari sampah atau masih bersih dan cocok digunakn untuk berlibur bersama teman-teman dan keluarga anda.

Selain itu Anda juga bisa bercamping di pantai ini namun karena masih minimnya fasilitas yang ada di Pantai ini sebaiknya untuk membawa tenda atau peralatan masing-masing dan pastinya yang tidak boleh lupa adalah membawa bekal entah makanan dan juga minuman.

Baca juga : Puncak Kosakora

Akses menuju Pantai Krokoh

Dari kita Yogyakarta berjarak kurang lebih 100km dapat di tempuh dengan kendaraan 2jam 30menit. Berikut jalur paling efektif untuk menuju Pantai Krokoh,

Yogyakarata menuju jl.Wonosari menuju Piyungan menuju Patuk menuju Sambipitu menuju Gading menuju Wonosari menuju Semanu menuju Cuwelo menuju giripanggung menuju Balong menuju Girisubo menuju Sadeng dan sampailah di pantai Krokoh.

Jalur alternatif
Yogyakarta - wonosari - semanu - ngeposari - Manukan - Ngrancah - Girisubo - Sadeng - pantai krokoh.
pantai krokoh

Disarankan untuk memakai kendaraan pribadi. Jika anda sudah sampai pantai sadeng kemudian lihatlah sebelah timur dari pantai Sadeng ada jalan corblok dan ikutilah jalan itu menuju dusun Putat. Setelah sampai di Putat sebaiknya kendaraan di parkir disini saja dan titipkan ke rumah-rumah warga. Kemudian lanjutnya dengan berjalan kaki dan ketika kami tanya kepada warga ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 30menit. Mengikuti jalan setapak yang kalau hujan mungkin akan sangat licin sekali karena hanya bebatuan dan tanah. Sambil menikmati pemandangan alam Girisubo kami pun terus melangkahkan kaki kami. Tak lama kemudian aroma laut yang sangat khas pertanda perjalanan sudah hampir sampai.

Setelah melewati perjalanan yang lumayan sulit dan menguras tenaga tentunya, namun semua itu terbayarkan dengan keindahan yang disuguhkan oleh pantai krokoh, tepian pantai dengan pasir putih, lumut laut yang hijau menambah suasana pantai ini sangat alami, pantai Krokoh ini diapit dua bukit kars yang menjulang tinggi dan deburan ombak yang menghempas ke bebatuan, tak sabar rasanya ingin segera menginjakkan kaki ini ke air laut pantai Krokoh ini.


Pantai Krokoh Gunungkidul memberikan daya tarik yang unik karena masih sangat alami dan belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat ini, dan pantai ini sangat kami sarankan untuk menjadi tempat tujuan wisata Anda selanjutnya. Selain jarak yang jauh dari kota mungkin pantai ini juga jarang di kunjungi traveler tapi bila Anda berjiwa petualang kaya saya rasanya belum komplit bila wisata ke gunubgkidul apabila belum ke Pantai Krokoh ini. 

Jangan sampai merusak alam dan juga meninggalkan sesuatu di pantai ini yah kecuali bekas telapak kaki Anda. Selamat berwisata jaga selalu alam kita :)

Related Posts:

1 Response to "Pantai Krokoh"